pemilu israelBaitulMaqdis, LiputanIslam.com – Partai Likud pimpinan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu muncul sebagai pemenang dalam perolehan suara pemilu yang telah berlangsung Selasa kemarin (17/3/2015). Demikian dilaporkan Jerussalem Post, sebagaimana diberitakan Huffington Post Rabu (18/3/2015).

Dalam hitungan suara sebanyak 99 persen yang sudah dilaporkan masuk dari berbagai daerah Israel pada Rabu pagi, Likud memimpin perolehan kursi parlemen Israel, Knesset, sebanyak 29, disusul oleh saingan beratnya, Zionis Union, yang memperoleh 24 kursi.

Hasil ini mengejutkan karena menurut hasil polling yang diselenggarakan sebelum pemilu pada Jumat pekan lalu Zionis Union telah memimpin perolehan suara.

Sebagaimana dilaporkan Associated Press, hasil polling tersebut telah mendorong Netanyahu untuk membuat pernyataan bombastis bahwa selama dia masih berkuasa di Israel maka tidak akan berdiri negara bernama Palestina.

Menurut New York Times, Netanyahu juga mencemooh warga Arab Israel karena berani ikut memberikan suara.
Netanyahu menjabat sebagai PM Israel selama tiga tahun pada tahun 1990-an dan kembali menempati jabatan itu sejak tahun 2009.

Belum lama ini dia mengumumkan kemenangannya via Twitter.

“Melawan segala rintangan: kemenangan besar bagi Likud, kemenangan besar bagi kamp nasional pimpinan Likud, kemenangan besar bagi bangsa Israel,” tulisnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*