pasukan isisBaghdad, LiputanIslam.com – Kedok Amerika Serikat (AS) di Irak kian terungkap. Komisi Kemanan dan Pertahanan Parlemen Irak membenarkan kabar yang telah beredar belakangan ini bahwa AS terlibat suplai bantuan senjata kepada kawanan teroris transnasional Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) melalui pesawat terbang.

“Pesawat-pesawat AS telah menyuplai senjata dan perlengkapan militer kepada kawanan teroris ISIS di kawasan Salahuddin,” ungkap komisi tersebut. Sebagaimana dilansir situs berita Nahrainnet, Senin (5/1/2015).

Komisi itu menjelaskan bahwa tindakan AS itu berulangkali terjadi di berbagai provinsi Irak sehingga menjadi bukti adanya negara-negara tertentu yang menghendaki supaya Irak tetap berada dalam cengkraman teroris.

Anggota Komisi Pertahanan Dewan Provinsi Salahuddin Majid al-Gharawi dalam jumpa pers menyatakan pihaknya memiliki data-data yang menunjukkan bahwa sebuah pesawat AS di kawasan al-Daur, provinsi Salahuddin, telah menyuplai ISIS dengan senjata, dan tindakan serupa juga terus berlangsung di provinsi-provinsi Irak lainnya. (Baca juga: Relawan Irak: Senjata ISIS Dari AS, Bahan Makanan Dari Saudi dan Qatar)

“Dalam beberapa hari mendatang akan digelar sidang untuk membicarakan masalah ini,” katanya.

Dia menambahkan, “AS dan koalisi internasional tidak serius memerangi teroris ISIS… AS berusaha memperpanjang perang melawan ISIS agar bisa mendapatkan konsesi dari pemerintah Irak untuk pendirian pangkalan militer di Mosul dan Anbar.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*