Moskow, LiputanIslam.com –  Jubir Kemlu Rusia Maria Zakharova menyatakan bahwa para menlu Rusia, Suriah dan Iran akan mengadakan pertemuan di Moskow, ibu kota Rusia, pada akhir pekan ini.

“Rencananya akan diadakan pertemuan segi tiga Menlu Rusia Sergey Lavrov, Menlu Suriah Walid Moallem, dan Menlu Iran Mohammad Javad Zarif pada akhir pekan ini,” ungkap Zakharova.

Sumber-sumber diplomatik menyebutkan bahwa Moallem bisa jadi akan tiba di Moskow pada hari Jumat mendatang.

Sementara itu, Menlu Amerika Serikat (AS) Rex Tillerson Selasa sore waktu setempat tiba di Moskow untuk mengadakan pembicaraan dengan sejawat Rusia-nya, Sergey Lavrov.

Tillerson berkunjung ke Rusia di tengah ketegangan terkait serangan rudal AS ke pangkalan udara Suriah 7 April lalu dengan dalih menghukum tentara Suriah atas serangan bom kimia di kota Khan Sheikhun yang menewaskan sekira 100 orang dan melukai 500 lainnya. AS dan negara-negara Barat sekutunya menuding tentara Suriah sebagai pelakunya, namun Damaskus dan Moskow membantah keras tuduhan ini.

Sebelum bertolak ke Moskow, Tillerson menggalang dukungan melalui pertemuan para menteri luar negeri G-7 yang diwarnai pembicaraan mengenai perang Suriah, Selasa. Pertemuan ini ditutup  dengan permintaan Tillerson kepada para sekutunya agar menyokong AS terkait situasi Suriah . (mm/afp/voa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL