liga arab di sharm al-sheikhKairo, LiputanIslam.com – Para menteri luar negeri (menlu) negara-negara dalam sidang di kota Sharm el-Sheikh, Mesir, bersepakat untuk membentuk pasukan militer kolektif Liga Arab.

Rencana pembentukan pasukan bersama itu menjadi bagian dari draf resolusi yang akan diajukan untuk disahkan dalam pertemuan puncak Liga Arab pada awal-awal pekan depan di kota yang sama.

“Para menlu Arab sudah bersepakat mengenai prinsip penting pembentukan pasukan militer bersama,” ungkap Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby sembari menyebut pembentukan pasukan itu sebagai satu tindakan bersejarah, sebagaimana dikutip AFP, Kamis (26/3/2015).

“Ini merupakan pertama kalinya sebuah pasukan militer dibentuk dan akan beraktivitas atas nama negara-negara Arab,” lanjutnya.

Menlu Mesir Sameh Shoukry membenarkan bahwa para menlu Arab sepakat membentuk pasukan militer bersama Arab. Dia menyebut pasukan itu dibentuk untuk menghadapi para teroris.

“Pasukan reaksi cepat Liga Arab yang diperkirakan akan terbentuk itu difungsikan untuk menghadapi para teroris,” ungkap Elaraby dalam wawancara dengan AFP.

Informasi kesepakatan ini mengemuka bersamaan dengan gempita pemberitaan seputar invasi militer pasukan udara Arab Saudi ke Yaman yang menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai 59 lainnya, termasuk perempuan dan anak kecil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*