saudi talal bin abdulazizBeirut, LiputanIslam.com – Pangeran Talal bin Abdulaziz, saudara Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi, mengungkapkan bahwa para sekutu negara ini mengingatkan supaya Riyadh tidak memprovokasi dan mengancam Iran, karena Iran memiliki kekuatan yang dapat menghancurkan kekuatan militer Saudi dalam tempo 24 jam. Dia juga mengatakan bahwa para pilot “bayaran” jet tempur yang membom Yaman mendapat upah sebesar USD 7500 untuk satu kali terbang.

“Para sekutu kami telah memberitahu kami supaya tidak menyusahkan diri dengan memrovokasi Iran karena ini dapat membuka pintu jahannam bagi kami. Pasukan Iran dapat menghancurkan infrastruktur dan kekuatan militer Kerajaan Saudi dalam tempo 24 jam,” ungkapnya dalam wawancara dengan channel Fox News di tempat kediamannya di Jerman, sebagaimana dilansir situs ad-Diyar, Lebanon, dan dikutip oleh beberapa media lain, Jumat (8/1).

Mengenai perang Saudi terhadap Yaman dia menilainya sebagai keputusan yang salah sehingga Saudi pada akhirnya akan menerima penyelesaian yang ditolaknya sebelum perang.

“Kerajaan (Saudi) sekarang merasa terpedaya oleh keputusan yang salah dalam memerangi Yaman, dan (karena itu) akan menerima penyelesaian yang ditolaknya sebelum perang,” tuturnya.

Talal juga menyebutkan angka yang fantastis terkait honor yang diterima para pilot “bayaran” dalam setiap kali menerbangkan jet tempur untuk membombardir Yaman. Menurutnya, sebagian pilot itu meminta USD 7500 untuk sekali terbang, dan mereka berasal dari Pakistan, India, Perancis, Amerika Serikat dan Mesir.

Talal bin Abdulaziz tercatat sebagai tokoh keluarga Kerajaan Saudi yang berhaluan liberal dan pernah menjabat sebagai menteri . Dia menuntut adanya konstitusi nasional, supremasi hukum, dan kesetaraan semua orang di depan hukum. Anak ke-20 mendiang Raja Abdulaziz kelahiran 1931 itu juga dikenal sebagai pemimpin gerakan kebebasan pangeran Saudi.

Wakil Putera Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman yang juga menjabat menteri pertahanan negara ini mengatakan bahwa perang antara Arab Saudi dan Iran adalah awal dari bencana. Ia menegaskan bahwa Riyadh tidak akan membiarkan hal itu terjadi. (Baca: Wakil Putera Mahkota Saudi Tidak Menginginkan Perang Melawan Iran(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL