yordania hassan bin talalAmman, LiputanIslam.com – Pangeran Hassan bin Talal, paman Raja Abdullah II dari Yordania, berharap supaya identitas para donatur kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) diungkap, dan dalam hal ini dia menyebut negara-negara Arab di kawasan Teluk Persia.

“Kalau bukan negara-negara Teluk yang mendanai ISIS, lantas siapa yangg mendanai? Saya ingin sekali mengetahui jawaban atas pertanyaan ini,” ungkapnya dalam wawancara dengan TV France24, sebagaimana dikutip IRNA, Senin (16/11).

Dia menambahkan, “ISIS yang wilayah kekuasaannya ada di bagian barat Irak dan sebagian wilayah Suriah dengan luas yang sebanding dengan Inggris secara finansial tidak mungkin terpenuhi melalui penjarahan, penyelundupan dan penjualan minyak. Karena itu ISIS pasti didanai oleh sebagian negara Teluk, dan kalau bukan negara-negara ini lantas siapa yang memenuhi kebutuhan ISIS?”

Pangeran Hassan bin Talal kemudian menyatakan bahwa negaranya adalah bagian dari korban perkembangan situasi Timteng, termasuk merebaknya kawanan teroris ISIS, yang berdampak antara lain pada masuknya 1,5 juta pengungsi Suriah ke Yordania.
Hassan bin Talal adalah saudara mendiang Raja Hussein dari Yordania. Dia sempat sekian lama menjadi putera mahkota negara ini, yaitu dari tahun 1965 hingga 1999. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL