المقاومة الفلسطينية تقصف تل ابيب ردا على العدوانGazaCity, LiputanIslam.com – Israel mengklaim bahwa di saat berlangsung gencatan senjata ada tiga roket telah ditembakkan ke wilayah selatan Israel. Di saat yang sama dilaporkan pula bahwa Israel telah menembakkan peluru-peluru mortir di wilayah perbatasan antara Rafah dan Jalur Gaza.

Menurut laporan Associated Press, polisi Israel mengklaim ada dua roket mengarah ke Israel dari Jalur Gaza tak lama setelah dimulai gencatan senjata untuk jangka waktu lima jam pada Kamis (17/7). Sedangkan Juru bicara militer Israel, Avichai Adraee, mengatakan ada tiga roket. “Meskipun sedang berlangsung gencatan senjata untuk sementara waktu, tapi di Jalur Gaza ada tiga roket yang ditembakkan oleh kelompok teroris ke arah Israel,” katanya.

Tidak ada kelompok Palestina yang membenarkan klaim Israel Israel tersebut, tetapi klaim itu segera dilansir oleh AFP, Sky News dan beberapa media Barat lainnya. Namun Sky News juga memberitakan bahwa pada waktu gencatan senjata masih berjalan Israel telah menghujani kawasan perbatasan Rafah dan Jalur Gaza dengan peluru mortir.

Sementara itu, AFP melaporkan bahwa Hamas dan Israel telah sepakat untuk menerapkan lagi gencatan senjata untuk hari Jumat (18/7) yang akan dimulai sejak pukul 06.00 waktu setempat. MTV Lebanon melaporkan bahwa kabinet keamanan Israel usai pembicaraan yang berlangsung di Kairo, Mesir, sepakat untuk menerapkan gencatan senjata untuk hari Jumat dimulai sejak pukul 06.00. Laporan serupa juga dikemukakan oleh BBC berdasarkan pernyataan seorang petinggi Israel.

Namun belum ada pernyataan tentang ini dari pihak Palestina maupun pihak Mesir. Al-Arabiya malah melaporkan bahwa sumber di Mesir yang terlibat mediasi Palestina-Israel mengaku tidak tahu menahu tentang itu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL