Baghdad, LiputanIslam.com –  Sumber lokal di provinsi Kirkuk, Irak, Kamis (13/7/2017), menyatakan bahwa satu pakar senjata kimia kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Hawija di bagian barat daya provinsi ini tewas. Bersamaan dengan ini, pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi menyatakan akan berpartisipasi dalam operasi pembebasan Hajiwa dan kawasan-kawasan lain yang masih diduduki ISIS.

“Seorang pakar senjata kimia ISIS yang memiliki julakan Abu al-Barra’ al-Iraqi tewas di daerah Hawija dengan sebab yang tak jelas, dan jenazahnya ditemukan di dalam rumahnya di sebuah kawasan militer di bagian tengah daerah ini,” ungkap sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu.

Dia menjelaskan bahwa Abu al-Barra’ al-Iraqi adalah seorang sarjana kimia dan sebelum tahun 2003 pernah berkarir sebagai perwira angkatan bersenjata Irak.

“Al-Iraqi terlibat dalam pembangunan instalasi kimia kelompok teroris ISIS di Suriah dan Irak, dan tersembunyi sejak beberapa tahun lalu sampai pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi memindahkannya ke kota Raqqa, Suriah,” jelasnya.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu pasukan Irak berhasil membebaskan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, secara total dari cengkraman ISIS yang mendudukinya sejak tahun 2014. Meski demikian, beberapa sumber mengatakan bahwa sebuah kawasan kecil di barat Mosul  masih dikuasai ISIS.  

Sementara itu, juru bicara pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi Ahmad al-Asadi menyatakan pasukan ini akan berpartisipasi dalam semua operasi pembebasan Hawija dan kawasan-kawasan lain yang masih diduduki ISIS di Irak.

Dalam pernyataan di TV Irak dia mengatakan pasukan ini masih terus menghadapi ISIS di barat Mosul dan berhasil membuat kelompok teroris ini menderita banyak kerugian jiwa dan materi.

Dia menambahkan bahwa pasukan relawan Rabu lalu berhasil menghancurkan sebuah konvoi ISIS yang terdiri atas tujuh mobil di barat Mosul dan menewaskan semua teroris yang ada dalam konvoi ini.

Dia juga menyebutkan bahwa al-Hashd al-Shaabi merupakan unsur kunci dalam semua kemenangan yang berhasil diraih atas ISIS, dan karena itu pasukan relawan Irak ini juga akan terlibat dalam operasi pembebasan Hawija dan kawasan lain yang belum dibebaskan. (mm/alsumarianews/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL