husam suwailim mesir Kairo, LiputanIslam.com  – Pakar militer Mesir Mayjen Husam Suwailam memperkirakan Arab Saudi tidak akan masuk ke Suriah, dan seandainya masuk maka Mesir tidak akan membantunya.
“Kecil kemungkinan Arab Saudi akan memasuki fase operasi militer darat di Suriah,” katanya kepada kantor berita Sputnik, Rusia, sebagaimana dikutip IRNA, Selasa (9/2).

Mengenai pembentukan koalisi Arab regional plus Turki serta kemungkinan keanggota Arab Saudi dalam koalisi tersebut, Suwailam mengatakan, “Koalisi seperti ini dengan tujuan memasukkan pasukan militer ke daratan Irak dalam kerangka internasional sampai sekarang belum terbentuk. Berita-berita yang beredar tentang ini tidak akurat dan sama sekali tidak benar.”

Dia menambahkan bahwa kecil kemungkinan Mesir akan berpartisipasi dalam serangan darat ke Suriah.

Sebelumnya, bersamaan dengan statemen penasehat Kementerian Pertahanan Arab Saudi mengenai kesiapan negara ini untuk mengirim angkatan daratnya ke Suriah, tersiar pula laporan dari berbagai media mengenai keberadaan pasukan militer Yordania, Mesir, Sudan dan Bahrain di Arab Saudi. (Baca: Menimbang Aksi Nekat Saudi Untuk Petualangan di Suriah)

Sementara itu, portal berita Gulf Affairs Selasa (9/2) memuat laporan mengenai  berbagai resiko yang akan dihadapi oleh Arab Saudi dan kawasan Timteng secara umum jika jadi mengirim angkatan daratnya ke Suriah.

Menurut Gulf Affairs, Saudi tidak hanya akan berhadapan dengan tentara Suriah, melainkan juga dengan pasukan adidaya Rusia dan milisi Hizbullah serta akan terjebak di kawasan-kawasan Suriah dengan kondisi alamnya yang sulit bagi tentara Saudi. Selain itu, ISIS juga akan membalas dendam pasukan Arab Saudi.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL