isis eksekusi 5Baghdad, LiputanIslam.com – Otorita Irak menemukan beberapa kuburan massal ratusan korban kekejaman kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Diyala.

Sumber keamanan setempat menyatakan bahwa aparat keamanan telah menemukan tiga kuburan massa tempat ISIS menimbun jenazah 250 korban kejahatannya di kawasan Kubashi dekat kota Jalawla di timur laut kota Baqubah, ibu kota provinsi Diyala.

Sumber yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan bahwa kuburan massal itu ditemukan pada Rabu lalu (14/1/2015), dan petugas telah mengangkat sebanyak 11 kerangka warga sipil yang menjadi korban ekskusi ISIS di persimpangan Kubashi.

“Sebuah tim khusus dari Kementerian HAM disaksikan oleh seorang hakim telah membongkar sebuah kuburan massal di sekitar persimpangan Kubashi (75 kilometer timur laut Baqubah) dan mengangkat 11 kerangka, dua di antaranya perempuan, yang semuanya adalah warga sipil yang dibantai oleh kawanan teroris ISIS ketika mereka menguasai kawasan ini pada Juni lalu,” ungkap sumber itu, sebagaimana dikutip al-Sumaria News, Jumat (16/1/2015).

Dia menambahkan bahwa dalam kuburan massa itu masih banyak kerangka lain yang akan diangkat pada beberapa hari mendatang setelah semua peralatan yang diperlukan untuk penggalian tersedia.

Sementara itu, puluhan nyawa anggota ISIS melayang dan sejumlah besar lainnya luka-luka akibat gempuran tentara Irak yang didukung relawan dan pasukan adat terhadap beberapa posisi ISIS di provinsi Anbar, Jumat (16/1/2015).

Situs berita Irak al-Baghdadia melaporkan bahwa belasan orang di antara mereka terbunuh dan beberapa kendaraan mereka hancur dalam pertempuran dengan pasukan keamanan dan pasukan adat di kawasan al-Sijariyah di timur kota Ramadi.

Al-Baghdadia menambahkan bahwa puluhan anggota ISIS lainnya tewas dan banyak kendaraan mereka hancur terkena serangan udara pasukan koalisi internasional di kawasan gurun di bagian barat provinsi Anbar.

Dalam peristiwa lain yang dilaporkan Kementerian Pertahanan Irak, lima teroris tewas, satu mobil mereka hangus dan satu rumah tempat persembunyian teroris hancur dalam kontak senjata dengan pasukan Irak di kawasan al-Hayakil di selatan kota Fallujah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*