syirian oppositionBeirut, LiputanIslam.com – Koalisi oposisi Suriah tampak kalang kabut dan kecewa berat terhadap pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama bahwa di Suriah tidak kelompok oposisi moderat yang aktif dan berkompeten untuk menggulingkan pemerintahan Bashar al-Assad.

Ungkapan kecewa itu dinyatakan oleh beberapa narasumber koalisi oposisi Suriah kepada media online Rai al-Youm. Para narasumber yang tidak disebutkan namanya itu mengaku mendapat banyak menerima panggilan telefon dari banyak kalangan yang mempertanyakan dan menyesalkan sikap Obama tersebut.

Satu di antara narasumber menyatakan bahwa statemen Obama terkait suplai senjata untuk oposisi Suriah itu telah menghabisi kelayakan Ahmad al-Jarba dan orang-orang dekatnya untuk melanjutkan kedudukannya sebagai pemimpin koalisi oposisi Suriah.

“Bagaimana al-Jarba dapat bertatap muka dengan kalangan oposisi pasca statemen Obama tersebut? Apalagi pemimpin koalisi oposisi itu sempat menggembirakan para anggota koalisi dengan kabar bahwa sepulangnya dari Washington dan setelah pertemuannya dengan Obama, AS akan menyuplai oposisi dengan senjata-senjata istimewa untuk mempercepat proses ketergulingan pemerintahan (Bashar al-Assad),” keluh narasumber itu.

Belum lama ini, dalam sebuah wawancara televisi Presiden Obama mengatakan d Suriah tidak ada oposisi moderat yang dapat mengalahkan Bashar al-Assad. Dia juga menyebutkan bahwa militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) sedang mengincar “kevakuman kekuasaan di Suriah untuk menghimpun persenjataan dan logistik serta mengembangkan kekuasaan dan kekuataannya di dunia”.

Obama mengatakan, “Anggapan bahwa di Suriah ada kekuatan moderat yang dapat mengalahkan Assad tidaklah benar.” Lebih lanjut dia mengaku pemerintahannya “telah menghabiskan banyak waktu untuk bekerjasama dengan oposisi moderat Suriah, sementara anggapan adanya oposisi yang sanggup menggulingkan Bashar tampaknya tidak realistis.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL