القوات المشتركة العراقية تتوغل الى مركز بيجيBaghdad, LiputanIslam.com –  Puluhan mobil pengangkut personil ISIS kabur dari lokasi pertempuran yang berlangsung di berbagai kawasan Irak barat menuju Mosul di bagian utara, sementara sekitar 250 anggota kelompok teroris ini terbunuh dan puluhan kendaraan mereka hancur di berbagai kawasan operasi pasukan Irak.

Laporan surat kabar Irak al-Jaridah yang dikutip Alalam mengenai situasi pertempuran yang terjadi 24 lalu menyebutkan bahwa operasi pasukan keamanan Irak yang didukung Angkatan Udara serta relawan al-Hashd al-Shaabi  dan relawan suku-suku lokal berhasil membunuh tak kurang dari 248 teroris ISIS dalam pertempuran di beberapa kawasan, termasuk al-Qaim, Hamrin, Baiji, Ramadi, utara Fallujah dan barat Kirkuk, serta menghancurkan 30 unit mobil pembawa senjata, tempat pembuatan bom, dan gudang amunisi milik ISIS.

Wakil Kepala Komisi Keamanan Dewan Perwakilan Rakyat provinsi Salahuddin, Khaled al-Khazrai, Minggu (31/5) memastikan bahwa sekitar 60 kendaraan pengangkut personil ISIS telah kabur dari kawasan al-Jazirah di barat Dujail dan Ishaqi menuju Mosul menyusul kekalahan telak mereka dalam pertempuran di kawasan ini.

Sumber militer Irak menyebutkan bahwa pasukan gabungan Irak bergerak ke kawasan al-Buaiji di distrik Baiji dari tiga arah dalam serangan yang menewaskan banyak anggota ISIS dan menghancurkan banyak peralatan perang mereka.

Kementerian Pertahanan Irak menyatakan pasukan gabungan Irak yang didukung serangan udara berhasil membebaskan beberapa kawasan di barat daya Samarra hingga kawasan utara al-Naba’i.  Bersamaan dengan ini pasukan gabungan Irak juga bergerak maju di sekitar Danau Tharthar dan ke arah utara Ramadi, ibu kota provinsi Anbar.

Al-Hashd al-Shaabi mengumumkan pihaknya telah menangkap 17 anggota ISIS dan menghancurkan empat peralatan tempur mereka di bagian barat distrik Samarra. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL