Iraqi-soldiersBaghdad, LiputanIslam.com – Operasi militer pasukan Irak terus berlanjut untuk menumpas Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS). Dari berbagai laporan media Irak, Liputan Islam mencatat sedikitnya 87 anggota milisi ISIS tewas akibat operasi militer pasukan Irak di berbagai kawasan negara ini sepanjang Sabtu kemarin (21/06/2014). Selain itu, militan ekstrim ini juga kehilangan beberapa kendaraan, gudang senjata dan tempat pembuatan bom.

Di Bagian utara provinsi Babil, operasi tentara Irak menewaskan 35 anggota ISIS serta mengungkap dan memusnah tiga gudang senjata dan sebuah pabrik pembuatan bom mobil milik kelompok ekstrem tersebut di kota Jurf al-Sakhar (60 km utara Baghdad).

“Pasukan keamanan gabungan di kawasan al-Saidarat dan al-Ruwaiyyah, kota Jurf al-Sakhar, dalam operasinya di kota ini berhasil membunuh 35 anggota ISIS, sembilan di antaranya adalah militan pilihan kelompok ini dan berkewarganegaraan Arab Saudi, Pakistan dan Suriah,” ujar sebuah sumber kamanan Irak, sebagaimana dikutip lembaga pemberitaan Kul al-Iraq.

Sumber itu menyebutkan pasukan Irak menguasai penuh kota itu serta mendirikan pos-pos pemantauan untuk memantau penyusupan gerilyawan dari kawasan Fallujah dan Latifiyah. Pasukan keamanan Irak juga telah menyita dokumen dan peta milik gerilyawan.
Sepanjang Mei lalu, sebanyak 116 militan tewas, 22 cidera, dan 23 ditangkap di provinsi Babil.

Di provinsi Diyala, 15 militan tewas ketika ISIS berusaha menyerang kawasan Imam Wais (50 km timur laut Baquba) namun dihadang oleh pasukan Irak. Kepala Kepolisian Provinsi Diyala, Mayjen Pol. Jamil al-Shimri mengatakan, “Hari ini (Sabtu) pasukan keamanan telah menahan serangan ISIS terhadap kawasan Imam Wais, timur laut Baquba, serta membunuh 15 militan bersenjata anggota kelompok tersebut,” ujar al-Shimri kepada al-Sumaria.

Dia menambahkan bahwa dalam peristiwa itu pasukan Irak juga telah menyita satu kendaraan pengangkut personil serta sejumlah amunisi, bahan peledak dan senjata mortir milik gerilyawan ISIS.

Di provinsi Salah al-Din, sumber keamanan setempat menyebutkan beberapa jet tempur Irak telah menggempur posisi-posisi gerilyawan ISIS di wilayah Baiji (40 km utara Tikrit). Tanpa menyebut jumlah secara detail, dia mengatakan bahwa serangan itu telah menjatuhkan sejumlah korban tewas dan luka. Selain itu, pasukan Irak juga telah menangkap satu tokoh ISIS bernama Abu Abdurrahman al-Nasiri yang diduga bertanggungjawab atas pembunuhan 80 anggota personil keamanan Irak. Tokoh ISIS itu kini berada dalam proses pemeriksaan.

Di provinsi Ninawa, pasukan Irak yang sedang melancarkan operasi pencegatan di kota al-Qaim (400 km barat daya Baghdad) berhasil membunuh 37 militan ISIS. Juru bicara panglima angkatan bersenjata Irak, Mayjen Qassim Atta, dalam keterangannya menyebutkan bahwa tujuh di antara puluha militan itu diduga akan melancarkan serangan bom bunuh diri di bandara kota al-Qaim. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL