Tentara Irak menangBaghdad, LiputanIslam.com – Seorang komandan militer pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Abu Ali al-Basri, mengatakan bahwa operasi pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Ninawa, Irak utara, dari pendudukan pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) sebenarnya belum dimulai, sedangkan operasi yang sudah dimulai belakangan ini hanyalah sebagai persiapan untuk dimulainya operasi utama.

“Operasi militer yang sedang berlangsung dewasa ini dengan melibatkan Divisi 15 dan pasukan-pasukan suku provinsi Ninawa adalah pendahuluan untuk operasi besar pembebasan Mosul yang akan dimulai di masa mendatang,” katanya dalam wawancara dengan IRNA, Minggu (27/3).

Saat ditanya mengenai sebab dimulainya operasi militer dari kawasan Makhmur, 60 km selatan Mosul, bukan dari kawasan utara yang berada di bawah kontrol keamanan pasukan Kurdistan Irak, Peshmarga, dia menjelaskan bahwa karena di bagian barat Makhmur terdapat pangkalan udara strategis al-Qayarah.

Dia juga menyebutkan bahwa operasi militer terbatas yang menurutnya sudah menghasilkan gerak maju sekira 4-5 km itu ditujukan untuk menyeberang sungai Tigris (Dajlah) dan penempatan pasukan Irak di barat sungai ini.

Abu Ali al-Basri menambahkan bahwa operasi militer dari utara Irak lebih sulit dilakukan karena ada banyak kota sehingga lebih baik bergerak maju dari arah selatan dan dimulai dari kawasan Makhmur.

Mengenai kabar masuknya tentara Amerika Serikat (AS) ke Irak dalam beberapa bulan terakhir dia sempat mengaku curiga dan cemas, namun dia menambahkan, “Sesuai pengumuman dari Perdana Menteri Irak selaku panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Irak, dalam operasi pembebasan Mosul sama sekali tidak ada marinir AS.”

Lebih lanjut dia memastikan bahwa al-Hasyd al-Shaabi terlibat dalam operasi pembebasan Mosul, bahu membahu dengan pasukan militer Irak dan kelompok-kelompok pasukan adat setempat.

Sebelumnya dikabarkan bahwa pasukan Irak telah memulai operasi pembebasan Mosul dengan sandi “al-Fath” (Pembebasan/Kemenangan) sejak Rabu malam pekan lalu. (Baca: Operasi Pembebasan Mosul Dimulai, Empat Desa Lepas Dari Cengkraman ISIS(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL