pasukan irak di fallujah2Baghdad, LiputanIslam.com –  Polisi Federal Irak, Minggu kemarin (29/5), menyatakan pasukan Irak terus melanjutkan operasi militernya untuk pembebasan kota Fallujah, provinsi Anbar, dan dalam perkembangan ini mereka berhasil membebaskan sepenuhnya beberapa kawasan strategis di kota ini dari tangan gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Al-Sumaria News menyebutkan pasukan Irak telah membebaskan kawasan Albu Jumail di bagian utara Fallujah serta kawasan al-Haur dan Albu Hawa di Amiriah, Fallujah.

“Puluhan teroris binasa diterjang operasi pasukan Irak di kawasan Amiriah,” kata Kepala Kepolisi Irak di kawasan Amiriah, Arif al-Janabi.

Perdana Menteri Irak Haider Abadi di gedung parlemen negara ini mengumumkan dimulainya babak ketiga operasi pembebasan Fallujah.

Tahap awal operasi militer besar-besaran ini dimulai Senin pekan lalu dengan instruksi Abadi. Sejauh beberapa kawasan berhasil dibebaskan, termasuk kota al-Karmah di sebelah timur Fallujah.

Pasukan relawan Irak al-Hasdh al-Shaabi menyatakan pembebasan Fallujah sebenarnya bisa dilakukan dalam hitungan hari seandainya tidak harus menjaga keamanan jiwa warga sipil yang ada di kota tersebut. (Baca:  Ini Dia, Sumpah “Singa Irak” Soal Fallujah)
Pemimpin organisi relawan Badar dan komandan senior al-Hasdh al-Shaabi dalam wawancara dengan IRNA di zona operasi Fallujah kemarin menyatakan tidak akan menggubris suara-suara sumbang pihak luar terkait operasi militer ini.
“Fallujah adalah milik anak-anak bangsa Irak sendiri, mereka sendirilah yang akan membebaskannya, dan kami tidak akan mendengarkan suara-suara sinis sebagian negara di kawasan,” tegasnya. (Baca: ISIS Berada di Ujung Tanduk di Fallujah, Para Tokoh Saudi Kebakaran Jenggot)

https://liputanislam.com/internasional/timur-tengah/isis-berada-di-ujung-tanduk-di-fallujah-para-tokoh-saudi-kebakaran-jenggot/

Menurutnya, komentar-komentar sumbang sengaja dikumandangkan demi memperpanjang usia terorisme di Irak karena mereka memang senang menyaksikan bangsa Irak didera oleh fenomena keji tersebut.

“Fallujah menjadi basis utama serangan teroris ke Baghdad, dan kami yakin bahwa selagi kawasan sekitar Baghdad belum dibersihkan dari terorisme maka serangan teror di ibu kota Irak akan terus berkelanjutan. Bertahannya terorisme di Fallujah dan kawasan sekitar Baghdad tak ubahnya dengan penumpahan darah rakyat Irak lebih banyak lagi. Karena itu, tanpa menggubris suara-suara sumbang dari sana-sini itu, operasi Fallujah akan terus berlanjut dengan solid, ” paparnya.

Sementara itu, pasukan Kurdi Irak Peshmerga Minggu kemarin juga beraksi dengan menggempur ISIS di sebuah area di timur kota Mosul, provinsi Nineveh, hingga berhasil membebaskan enam desa.

Menurut laporan Reuters, sebanyak 5500 personil Peshmerga dikerahkan pada Minggu pagi kemarin hingga berhasil membebaskan desa Muftiyah, Shabakiah, Tel Aswad, Majidiah, dan Kalapour.

Di sisi lain, beberapa jet tempur Irak menggempur beberapa posisi ISIS di kawasan Khalidiyah di sebelah timur Ramadi.
Petinggi keamanan ISIS bernama Shalah Aidan Jamud al-Akawi tewas terkena serangan udara Irak tersebut.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL