tentara irakBaghdad, LiputanIslam.com – Operasi militer Irak secara besar-besar terhadap milisi Daulat Irak dan Suriah (ISIL) terus berlanjut di wilayah sekitar kota Fallujah, provinsi Anbar. Dilaporkan bahwa sejauh ini sudah lebih dari 100 anggota ISIL tewas akibat operasi tersebut.

Dalam perkembangan yang terjadi Minggu kemarin (11/5/2014) dilaporkan bahwa puluhan anggota ISIL tewas dan luka-luka dalam kontak senjata dengan tentara Irak di wilayah timur Fallujah.

Sumber militer Irak dalam komando operasi Anbar menyebutkan bahwa tentara Irak dari satuan reaksi cepat pertama terlibat baku tembak dengan militan ISIL dekat jembatan al-Muwadhafin di timur kota Fallujah, mengakibatkan 10 militan tewas dan 10 lainnya cidera. Selain itu empat unit mobil juga hancur.

Sumber yang tidak ingin disebutkan namanya itu juga menyatakan bahwa tentara Irak yang berkonsentrasi di timur kota Fallujah berhasil menguasai sepenuhnya kawasan itu, dan operasi militer untuk membersihkan kota itu dari keberadaan teroris masih berlanjut.

Operasi itu sendiri dimulai sejak Jumat lalu. Sabtu lalu dilaporkan bahwa tentara Irak berhasil merebut kawasan pertanian di barat kota Fallujah setelah terlibat kontak senjata yang menewaskan sekitar 100 anggota ISIL.

Minggu kemarin diberitakan bahwa pemimpin ISIL di provinsi Anbar bernama Abu Qatadah al-Misri tewas di tangan pasukan Irak. Keterangan sumber-sumber keamanan Irak yang dikutip laman “al-Markaz al-I’lami” menyebutkan al-Misri tewas bersama enam asistennya dalam sebuah operasi keamanan yang ditujukan terhadap rumahnya di kota Fallujah.”

Sumber-sumber itu menambahkan bahwa sebagian besar operasi keamanan yang dilancarkan dalam beberapa hari terakhir ini difokuskan pada penumpasan para tokoh dan pemimpin kelompok teroris ISIL. (mm/alsumaria/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL