تقدم للجيش العراقي لفك حصار بلدة آمرلي من قبل داعشBaghdad, LiputanIslam.com – Operasi penumpasan kawanan teroris anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sejak sekitar dua bulan mengepung kota Amirli yang dihuni oleh penduduk Syiah bersuku Turkmen telah dimulai oleh pasukan keamanan Irak yang didukung oleh sejumlah besar pasukan relawan.

Sebagaimana dilaporkan portal berita al-Youm al-Sabea, petinggi militer Irak Mayjen Abdul Amir al-Zaidi Kamis (28/9) mengatakan beberapa desa di sekitar Amirli telah bebas dari tangan kawanan bersenjata ISIS dalam sebuah operasi pergerakan pasukan menuju Amirli yang menewaskan lebih dari 20 anggota ISIS.

Laporan lain dari Kepala Administrasi Wilayah Sulaiman Bek, Talib Mohammad al-Bayati, mengatakan bahwa pasukan Irak bersama pasukan relawan terus bergerak maju menuju Amirli dan memulai operasi keamanan secara masif di mana serangan udara telah menewaskan sekitar 35 anggota ISIS.

Kepada lembaga pemberitaan al-Sumaria dia mengatakan, “Operasi masif dimulai dari tiga arah untuk memecah kepungah terhadap Amirli.”

Menurutnya, sebanyak 1,000 petempur juga sudah diturunkan ke dalam kota Amirli melalui udara untuk memperkuat pertahanan di kota kecil yang berjarak 90 kilometer dari Tikrit, provinsi Salahuddin, tersebut. Dia juga menyebutkan bahwa beberapa pesawat tempur Irak dan Amerika Serikat (AS) juga ikut serta dalam operasi itu dengan membom beberapa posisi ISIS.

“Pasukan yang terdiri dari 6,000 personil angkatan bersenjata Irak dan relawan telah mememulai operasi pembersihan desa-desa sekitar Amirli dari tiga arah. Pertama dari arah jalur Tikrit, kedua dari arah Sulaiman Bek, dan ketiga dari arah distrik Tuz Khurmato. Jarak mereka kini sudah dekat dengan Amirli untuk membuyarkan kepungan ISIS,” papar al-Bayati.

Dia menambahkan, “Lebih dari 1,000 petempur telah tiba di pusat kota Amirli melalui jalur udara untuk memperkuat pasukan keamanan yang melakukan pertahanan dari dalam kota.”

Dia juga mengatakan bahwa operasi itu juga melibatkan serangan udara Irak dan AS. Menurutnya, pesawat tempur AS membom beberapa posisi ISIS hingga menewaskan sekitar 35 anggota ISIS dan menghancurkan 11 kendaraan mereka.

Dia optimis beberapa desa akan segera berhasil dibersihkan dari ISIS untuk membuka jalan keluar masuk kota Amirli sebelum kemudian pergerakan maju pasukan ke kawasan Sulaiman Bek dan pembersihannya dari ISIS.

“Operasi pembebasan kawasan sekitar Amirli akan menunjang pembukaan jalan utama dari distrik Tuz Khurmato menuju Amirli, dan dari situ menuju kawasan al-Adim, di samping membuka kembali jalur utama antara Kirkuk dan Baghdad,” pungkasnya.

Selasa lalu (27/8) pasukan relawan Brigade al-Salam menyatakan pihaknya sudah berada di lokasi yang berjarak 17 kilometer dari Amirli dan telah dipersiapkan strategi militer bersama untuk membuyarkan kepungan ISIS dalam dua hari ke depan. (Baca: Relawan Irak Bergerak Dekati Kota Amirli Untuk Buyarkan Kepungan ISIS)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL