omanSanaa, LiputanIslam.com –  Oman dalam waktu dekat akan menjadi tuan rumah perundingan gerakan Ansarullah (Houthi) dengan para pemimpin faksi-faksi Yaman selatan demi mengupayakan kesepakatan gencatan senjata di Yaman. Demikian dikabarkan situs berita Arabi21, Kamis (25/6).

Bersamaan dengan ini TV al-Mayadeen juga melansir pernyataan sumber yang enggan disebutkan identitasnya bahwa para pemimpin faksi-faksi Yaman selatan memutuskan untuk mengikuti pertemuan di Muskat, ibu kota Oman, setelah mereka menyadari bahwa Riyadh bukanlah tempat yang memadai untuk menumbukan inisiatif dan solusi final bagi kemelut Yaman.

“Haidar Abu Bakar Alatas, mantan perdana menteri dan Ahmad bin Farid serta Said al-Hariri termasuk para pemimpin faksi-faksi Yaman selatan yang berangkat ke Muskat, sementara Ali Salim al-Baid yang bertolak dari Muskat ke Jerman menyatakan akan segera kembali ke Oman,” ungkap sumber itu.

Oman adalah satu-satunya negara anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang tidak terlibat dalam pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi yang melancarkan serangan udara ke Yaman sejak tiga bulan lalu.  Negara ini juga menjalin hubungan baik dengan Iran yang mendukung kubu Ansarullah maupun dengan Arab Saudi yang mendukung kubu presiden pengasingan Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Sementara itu, sumber militer Yaman menyatakan bahwa pasukan berkekuatan rudal dan pasukan komite rakyat Yaman di wilayah perbatasan terus berusaha membalas serangan udara Saudi, dan kembali melesatkan banyak rudal dan peluru artileri ke wilayah Saudi di dekat perbatasan kedua negara.

“Pasukan rudal telah menggempur pos militer al-Dud di Najran (Arab Saudi), dan pos-pos lain di sekitarnya dengan 12 rudal dan kamp militer Nahuqa dengan delapan rudal Grad,” ungkapnya kepada al-Marsd, Kamis (25/6).

Dia menambahkan bahwa pos militer al-Maatab dan pos-pos lain di belakang kota al-Khubah di Jizan juga digempur dengan 12 roket dan puluhan peluru artileri hingga menghancurkan kubu-kubu pertahanan tentara Saudi dan membuat mereka mundur.

Lebih lanjut, pasukan Yaman juga meluncurkan 20 rudal ke arah pos Jabal al-Dukhan dan pos al-Mujawalah di Jizan, 36 rudal ke pangkalan militer al-Qaam di Dahran di bagian selatan Saudi, 23 rudal Katyusha ke pos-pos al-Malhamah, al-Baida dan Salaah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL