obama_egyptWashington, LiputanIslam.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama telah menghubungi Abdel Fattah al-Sisi via telefon untuk mengucapkan selamat atas pelantikan al-Sisi sebagai presiden baru Mesir. Di saat yang sama, dua lembaga peduli hak asasi manusia (HAM) menyatakan al-Sisi berhadapan dengan krisis HAM dalam sejarah kontemporer Mesir.

Menurut laporan al-Jazeera Rabu (11/6/2014), Gedung Putih merilis statemen menyatakan Obama telah menyampaikan ucapan selamat kepada al-Sisi via telefon atas pelantikan al-Sisi sebagai presiden Mesir sekaligus atas “komitmennya untuk memperkuat kepentingan kolektif kedua negara.”

Statemen itu menambahkan, “Presiden AS menegaskan kontinyuitas dukungan AS kepada aspirasi politik, ekonomi dan sosial rakyat Mesir, serta penghormatan AS kepada hak-hak universal mereka.”

Stetemen itu juga menyebutkan bahwa al-Sisi “menghargai” kontak telefon tersebut serta dukungan AS kepada pemerintahan baru Mesir sejak dia dilantik Ahad lalu.

Sementara itu, Amnesti Internasional dan Lembaga Pengawas HAM merilis statemen menyatakan bahwa al-Sisi menjabat presiden Mesir di tengah krisis HAM yang “terburuk” dalam sejarah kontemporer Mesir.

Kedua lembaga itu mengimbau Presiden al-Sisi memprioritaskan upaya mengatasi rapor buruk Mesir di bidang HAM.

Lebih lanjut, statemen itu menyatakan bahwa selain melakukan kekerasan dan penangkapan secara massal, pemerintah Mesir juga telah menerapkan pembatasan secara ketat terhadap kebebasan berserikat, berpendapat dan berkumpul, hingga taraf yang menggerogoti berbagai prestasi yang telah dicapai pasca revolusi Januari 2011. (mm/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL