U.S. President Barack Obama addresses the 67th United Nations General Assembly at the U.N. headquarters in New YorkNew York, LiputanIslam.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan Republik Islam Iran bisa melanjutkan proyek nuklir tujuan damainya.

“Saya memastikan kepada Anda bahwa Anda dapat melanjut proyek nuklir damai Anda,” ungkap Obama ditujukan kepada pemerintah Iran dalam pidatonya pada sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, Rabu (25/9), sebagaimana dilansir AFP dan dikutip kantor berita resmi Iran, IRNA.

Dia menambahkan, “AS berusaha mendapatkan solusi diplomatik untuk persoalan nuklir Iran. Penyelesaian problema bergantung pada kesediaan Iran memanfaatkan peluang istimewa ini… Pesan saya kepada pemerintah dan rakyat Iran jelas: jangan sampai kesempatan ini hilang. Kita harus mendapatkan solusi.”

Di pihak lain, Presiden Iran Hassan Rouhani balik menilai kesepakatan mengenai nuklir Iran bisa dicapai apabila pihak lawan memiliki kesungguhan. Dalam tatap muka dengan para aktivis dan elit pemikir AS di hotel tempat dia menginap di New York dia juga menegaskan bahwa percuma pihak lawan menebar ancaman terhadap bangsa Iran.

“Dalam beberapa dekade silam hubungan antara Iran dan AS penuh gejolak dan bahkan diwarnai permusuhan. Harus ada evaluasi sejauh mana kebijakan ini menghasilkan untung dan rugi,” ungkapnya.

Dia menambahkan, “Hubungan baik antarbangsa lebih baik daripada kerenggangan. Di forum-forum elit pemikiran dapat dikaji dari mana perbaikan hubungan ini harus dimulai dan peluang apa yang terbaik untuk dimanfaatkan.”

Pada kesempatan lain sebelum pertemuan tersebut Rouhani memastikan tidak akan ada pertemuan antara dirinya dan Presiden Obama.
“Kondisi yang ada tidak mendiktekan pertemuan demikian,” ungkapnya kepada CBS, sebagaimana dimuat USA Today.

Pada kesempatan itu dia juga mengomentari serangan AS terhadap para teroris di Suriah. Menurutnya, serangan itu hanyalah aksi teatrikal AS untuk konsumsi publik. Dia juga memastikan bahwa tidak akan ada kelompok teroris yang bisa ditumpas habis hanya dengan serangan udara.

“Tidak jelas bagi apa yang mereka cari…Tapi saya tegaskan kepada Anda, tidak ada kelompok teroris yang dapat ditumpas dan dihancurkan hanya dengan pengeboman melalui udara,” pungkasnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL