obama with christian leadersBeirut, LiputanIslam.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengakui bahwa Presiden Suriah Bashar al-Assad konsisten melindungi umat Kristiani Suriah. Sebagaimana diberitakan koran al-Akhbar terbitan Lebanon Jumat kemarin (12/9), pengakuan itu dinyatakan Obama dalam sebuah pertemuan dengan delegasi yang terdiri atas para pemimpin umat Kristen Timur Tengah di Washington, AS, Kamis lalu (11/9).

“Saya mengetahui bahwa Presiden suriah telah melindungi umat Kristen Timur di Suriah,” ujar Obama, sebagaimana dilansir al-Akhbar berdasar keterangan sumber-sumber delegasi tersebut.

Sumber-sumber itu mengatakan bahwa dalam pertemuan itu semua orang yang hadir terkejut ketika Obama menyebutkan kata “pemerintah Suriah”, dan tidak menyebut “rezim Suriah”.

“Pernyataan Obama yang mengejutkan itu membuat salah seorang peserta pertemuan termotivasi untuk meminta kepadanya supaya tidak lagi berbicara tentang ‘oposisi moderat’ Suriah,” kata salah satu sumber tersebut.

Sebuah delegasi pimpinan Kristen Timur Tengah yang terdiri atas para pemimpin gereja Maronit, Armenia, Ortodok Syrian, Katolik Yunani, dan Katolik Suriah telah berkunjung ke Washington dalam rangka menghadiri seminar mengenai kepedulian kepada umat Kristen Timur Tengah. Di situ mereka sempat mengadakan pertemuan dengan Presiden Obama dan Penasehat Keamanan Nasional AS Susan Rice.

Pada pertemuan itu Obama menyatakan dukungan negaranya kepada tentara Lebanon dalam perang melawan ISIS. Dia juga menilai pengiriman senjata kepada tentara Lebanon sebagai langkah terbaik untuk mendukung perang melawan ISIS tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL