خلافات بين أوباما وسلمان حول إيران تخيم على محادثاتهماNewYork, LiputanIslam.com – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengakui bahwa krisis Suriah harus diselesaikan melalui jalur diplomatik dan bahwa mempersenjatai kelompok-kelompok oposisi di Suriah maupun di negara-negara lain tidaklah efektif untuk menggulingkan pemerintahan.

Dalam wawancara dengan channel PBS milik AS Obama menanggapi kritikan terkait keengganan AS mengirim pasukan militer ke Suriah. Dia mengatakan bahwa sebagian pihak yang kritis di Washington terhadap kebijakan luar negeri AS berpendapat bahwa setiap kali upaya AS mengalami kemacetan maka penyelesaiannya adalah pengiriman pasukan militer dan perang.

“Dalam Perang Irak dan Afghanistan kami sudah mengambil pelajaran, dampak dan biaya dua perang ini terlihat jelas, karena itu terlibat perang lagi di Suriah bukanlah tindakan yang bijak dan justru akan membuat AS terjerumus pada kesalahan besar,” katanya, sebagaimana dikutip IRNA, Kamis (21/4).

Dia mengaku bahwa ketika hendak mengambil keputusan mengenai Suriah, dia meminta kepada timnya supaya menyebutkan contoh di mana kebijakan AS mempersenjatai kelompok-kelompok oposisi berhasil menggulingkan diktator yang didukung pihak asing dan menjurus pada pembentukan pemerintahan yang efektif.

“Tak ada contoh demikian di manapun, karena itu tak ada penyelesaian militer untuk krisis Suriah,” katanya.

Dia juga menyinggung status Iran sebagai negara besar di kawasan Timteng dan mengatakan bahwa perang proxy antara Arab Saudi dan Iran tidaklah menguntungkan AS dan negara manapun di kawasan ini.

Sementara itu, situs al-Alam milik Iran mengutip laporan BBC bahwa dalam pertemuan dengan Raja Salman bin Abdulaziz dari Arab Saudi di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Obama terlibat perselisihan tajam dengan Salman terkait kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar dunia yang tergabung dalam P5+1.
Hubungan Arab Saudi dengan AS terusik oleh dukungan Washington kepada keputusan pencabutan sanksi ekonomi terhadap Iran. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL