drone as 1Kabul, LiputanIslam.com – Sedikitnya 12 orang tewas terkena serangan pesawat nirawak Amerika Serikat (AS) di provinsi Nangarhar di bagian timur Afghanistan. Seperti diberitakan PressTV, juru bicara kepolisian Nangarhar, Kol. Hazrat Hussain Mashraqiwal, Minggu (9/8) mengatakan serangan itu terjadi di kawasan Gorgori di distrik Haska Mina, 150 km timur Kabul, pada Sabtu (8/8).

Dia menambahkan bahwa serangan itu ditujukan terhadap militan yang empat diantaranya adalah warga negara asing.

Tidak ada komentar dari pihak militan Taliban maupun kelompok teroris ISIS mengenai kejadian tersebut.

5 Agustus lalu 12 orang juga terbunuh dan delapan lainnya luka-luka akibat serangan udara terhadap kawasan sekitar Puli Alam, ibu kota provinsi Logar di bagian timur Afghanistan, 60 km selatan Kabul.

Dalam peristiwa serupa yang terjadi sehari sebelumnya, otoritas setempat mengatakan sedikitnya 75 warga tewas terkena serangan nirawak AS terhadap beberapa distrik di provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan.

Pada 1 Agustus serangan udara di distrik Baraki Barat, provinsi Logar, juga membunuh lima orang.

AS sudah lama mengantifkan nirawaknya untuk melancarkan menyerang kaum militan di Afghanistan, Pakistan, Somalia dan Yaman. Washington menyatakan target serangannya adalah milisi al-Qaeda dan kelompok-kelompok ekstrimis lainnya, namun para saksi mata dan para pejabat setempat mengatakan bahwa korban serangan itu justru banyak dari kalangan warga sipil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL