TelAviv, LiputanIslam.com –  Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyatakan bahwa satu unit pesawat nirawak Skylark (Pengendara Langit) miliknya terhempas di distrik Hader, Suriah selatan, Selasa (19/6/2018).

Belum jelas penyebab jatuhnya pesawat itu, dan meskipun tergolong nirawak pengintai, militer Israel menyatakan tak ada resiko apapun terkait informasi sensitif pada pesawat.

Peristiwa ini terjadi ketika pertempuran di Suriah selatan diperkirakan akan meningkat, dan tentara Suriah sedang menyiapkan serangan ke daerah-daerah yang masih dikuasai pemberontak dekat Daraa dan Quneitra.

Skylark adalah nirawak pengintai taktis buatan Elbit Systems Israel dan dioperasikan oleh korps artileri. Nirawak ini dapat diluncurkan oleh satu atau dua orang, tergantung pada modelnya, dan sekali terbang dapat mengirim video langsung ke tentara di darat.

Sejak Januari 2017, Skylarks telah jatuh setidaknya tujuh kali, termasuk pada Selasa kemarin. Satu di antaranya terjatuh di Lebanon selatan pada Januari 2017, dan Hizbullah mengaku telah mengambil bagiannya yang hancur. Beberapa lainnya jatuh di Jalur Gaza dan sebagian di antaranya diambil oleh Hamas. (mm/timesofisrael)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*