Nikolai Levichev rusia Moskow, LiputanIslam.com – Wakil ketua parlemen Duma Rusia Nikolai Levichev menilai pemilu Iran sebagai bukti bahwa demokrasi ala Barat bukan tidak ada tandingannya di dunia.

“Pemilu Iran dan hasil-hasilnya telah menepis klaim Eropa dan Amerika Serikat bahwa demokrasi ala Barat tak ada tandingannya,” kata Levichev kepada kantor berita Rusia ItarTASS, sebagaimana dikutip IRNA, Selasa (1/3).

Dia juga optimis hasil pemilu yang diselenggarakan di seluruh penjuru Iran Jumat lalu (26/2) itu akan berpengaruh positif bagi proses penyelesaian kemelut di Timteng, termasuk krisis Suriah, dan menambah aktif peranan baik Iran di tengah semua persoalan ini.

Dia menyebutkan bahwa Iran merupakan mitra strategis Rusia dalam perang melawan terorisme sehingga Moskow menekankan pentingnya perluasan kerjasama  dengan Teheran, dan dalam rangka ini Moskow akan berusaha menghapus sanksi-sanksi yang masih tersisa terhadap Iran, termasuk sanksi di bidang teknologi militer.

“Iran andil besar dalam perang melawan terorisme dan upaya penegakan perdamaian di Dunia Islam serta senantiasa dapat memanfaatkan kerjasama-kerjasama Rusia,” pujinya.

Mengenai pemilu Iran dia juga mengatakan, “Hasil  pemungutan suara di Iran menepis anggapan bahwa di dunia hanya ada satu model berupa demokrasi ala Amerika Serikat dan Eropa…  Di Iran partai-partai yang ada tidaklah aktif seperti yang kita bayangkan, tapi sekedar contoh, demi satu kursi di parlemen Majelis Syura Islam ada puluhan calon yang bersaing satu sama lain.”

Dia menambahkan, “Hasil pemilu menunjukkan bahwa rakyat Iran menyokong kesepakatan-kesepakatan yang dicapai oleh pemerintah Iran dan kembali kepada struktur ekonomi dunia di mana Iran sebelumnya terhalangi oleh sanksi…  Dari segi politik, dalam keadaan dikenai sanksipun Iran bahkan tetap menjadi kekuatan regional yang berpengaruh. ” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL