NewYork, LiputanIslam.com – Surat kabar New York Times (NYT) mempertanyakan kemampuan  Arab Saudi melawan Iran karena negara kerajaan itu tak sanggup mengalahkan milisi Houthi (Ansarullah) di Yaman.

Seperti dikutip Rai al-Youm, Rabu (26/12/2018), Nicholas Christof dalam artikelnya di NYT menekankan bahwa AS memiliki pengaruh terhadap Arab Saudi, tapi tidak sebaliknya, dan AS perlu menggunakan pengaruhnya itu untuk mengakhiri perang di Yaman, karena Saudi mengesankan AS seolah terlibat dalam kelaparan yang terjadi Yaman.

Christof  yang belum lama ini berkunjung ke Saudi menyebut Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman (MBS) “represif, brutal dan tidak kompeten secara ekonomi, namun cukup diterima di tengah para pemuda Saudi.”

“Sulit menemukan diri Anda di negara polisi, mewawancarai orang-orang dan bertanya kepada mereka apa pendapat mereka tentang para pemimpin mereka yang memimpin perang di Yaman, membuat anak-anak kelaparan dan menyiksa kaum wanita,” tulis Nicholas.

Penulis AS yang pernah menyebut MBS “gergaji tulang” itu mengutip pernyataan seorang pengusaha wanita Saudi, Nahed Qattan, yang mengaku berterima kasihnya kepada MBS, karena dapat mengemudi mobil dan dapat diwawancara media berkat kebijakan MBS.

Namun Christof melanjutkan,“Ketika saya menanyakan kepadanya mengenai adanya penyiksaan dan pemenjaraan perempuan serta penindasan, dia (Nahed Qattan) terdiam,” imbuh Christof.

Christof semula tidak menyangka akan mendapatkan visa ke Arab Saudi karena telah mengritik MBS, tapi dia kemudian dapat berkunjung ke Saudi bersama delegasi PBB untuk Yaman, dan selama beberapa hari di Saudi dia melakukan wawancarai dengan banyak orang.

Nicholas mengapresiasi sikap Senat AS yang menyatakan  MBS bertanggungjawab atas kasus pembunuhan wartawan Saudi Jamal Khashoggi.

Dia mencatat bahwa para pejabat senior Saudi juga percaya bahwa MBS bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi, tetapi mereka menekankan pentingnya hubungan dengan Saudi bagi AS sehingga Washington perlu menyokong Riyadh. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*