NewYork, LiputanIslam.com –  Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menuduh Iran memiliki gudang atom rahasia, dan dia pun bersumpah tidak akan pernah membiarkan Iran mengembangkan senjata nuklir.

“Israel tidak akan pernah membiarkan rezim penyeru penghancuran (bagi Israel) mengembangkan senjata nuklir. Tidak sekarang, tidak dalam 10 tahun, tidak pernah,” ungkap Netanyahu sembari memperlihatkan gambar peta dan foto bagian eksterior “gudang atom rahasia” itu pada sidang Majelis Umum PBB di New York, Kamis (27/9/2018).

Dia menegaskan Israel akan menempuh segala tindakan yang dirasa perlu untuk melawan keinginan Iran menghancurkan Israel.

“Apa yang disembunyikan Iran, Israel akan temukan,” lanjutnya.

Netanyahu membuka pidatonya dengan mengklaim bahwa Iran memiliki gudang rahasia di sebuah lokasi di Teheran, dan karena itu dia mendesak PBB agar segera memeriksa lokasi tersebut “segera sebelum dikosongkan oleh Iran.”

“Hari ini saya mengungkapkan untuk pertama kalinya bahwa Iran memiliki fasilitas rahasia lain di Teheran, gudang atom rahasia untuk menyimpan sejumlah besar peralatan dan material dari program senjata nuklir rahasia Iran,” ulasnya.

Dia menambahkan bahwa Iran mulai mengosongkan lokasi yang  bisa jadi menyimpan “300 ton material nuklir” itu, dan pada bulan lalu saja Iran telah menarik bahan radioaktif sebanyak 15 kilogram.

Menurutnya, lokasi rahasia itu kembali membuktikan bahwa kesepakatan nuklir Iran yang diteken pada tahun 2015 bertumpu pada “kebohongan”. Karena itu, dia menyambut baik keluarnya Amerika Serikat (AS) dari perjanjian itu, dan mengecam keras Eropa yang masih mempertahankannya.

Netanyahu kemudian menuding Hizbullah telah menempatkan tiga lokasi rudal di dekat bandara Beirut, ibu kota Lebanon.

Lebih jauh, Netanyahu menuduh agen Iran merencanakan serangan di AS dan Eropa, serta menjadi agresor di Timur Tengah. (mm/raialyoum/cnn)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*