palestina pohon zaitun3GazaCity, LiputanIslam.comThe Palestinian Information Center (PIC) melaporkan pernyataan Kepala Persatuan Nelayan Palestina di Jalur Gaza, Nezar Ayyash, bahwa angkatan laut Israel Rabu kemarin (22/10) menangkap lima nelayan Palestina. Bersamaan dengan ini warga Yahudi telah membakari pepohonan zaitun milik para petani Palestina.

“Para nelayan Palestina itu ditangkap tentara Zionis ketika sedang bekerja menangkap ikan di kawasan pantai bagian utara Jalur Gaza,” kata Ayyash. Menurutnya, para nelayan itu ditangkap karena dianggap melanggar ketentuan jarak yang diperbolehkan bagi nelayan Palestina, yaitu sejauh 6 mil dari bibir pantai.

Dalam peristiwa itu tentara Israel juga menyita perahu para nelayan Palestina tersebut. Persatuan Nelayan Palestina mengatakan bahwa hampir 4,000 orang Palestina bekerja sebagai nelayan dan sebanyak lebih dari 50,000 jiwa mendapatkan nafkahnya dari hasil penangkapan ikan.

Dalam peristiwa lain, warga Yahudi di hari yang sama telah membakar pohon-pohon zaitun milik warga Palestina di desa Hawara di selatan kota Nablus. Kepala Dewan Desa Hawara, Mu’een Dumeidi, mengatakan kepada PIC bahwa puluhan warga Yahudi yang mengenakan penutup muka dan menyamar sebagai warga Palestina telah membakar 200 pokok pohon zaitun.

Dia menambahkan bahwa petugas pemadam kebakaran dari desa terdekat tiba ke tempat kejadian dan berusaha mengendalikan api dengan bantuan tim pemerintah daerah setempat dan petugas sipil agar api tidak semakin menjalar ke kebun-kebun sekitar.

Menurutnya, para petani zaitun Palestina belum sempat memanen karena masih menunggu izin dari instansi terkait.

Sebagaimana kasus penangkapan nelayan Palestina oleh tentara dan polisi Israel, kasus pembakaran kebun-kebun milik Palestina juga sering terjadi dan dilakukan secara sistematis oleh warga Yahudi Zionis dengan tujuan mengusir warga Palestina dari kampung halaman mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL