ktt liga arab ke-25Kairo, LiputanIslam.com – Liga Arab dilaporkan akan membentuk pasukan gabungan untuk melawan kelompok-kelompok teroris. Dalam rangka ini, sekretariat Liga Arab meminta supaya dewan pertahanan bersama Arab segera menyelenggarakan sidang yang melibatkan para menteri luar negeri dan menteri pertahanan negara-negara anggota Liga Arab.

“Dalam sidang ini akan dipelajari kemungkinan pendirian pasukan reaksi militer untuk menghadapi terorisme, mekanisme operasi yang memadai, sumber-sumber politik, hukum dan organisasi-organisasi militer negara-negara anggota serta tingkat partisipasi mereka,” ungkap seorang pejabat sekretariat Liga Arab, sebagaimana dilansir surat kabar al-Watan al-Arabi.

Narasumber yang tak disebutkan namanya itu menambahkan, “Sekjen Liga Arab Nabil Elaraby telah memberikan laporan panjang lebar mengenai keamanan nasional bangsa-bangsa Arab serta upaya pembentasan kelompok-kelompok teroris. Laporan itu telah diedarkan kepada para menteri luar negeri Arab dalam sidang luar biasa Kamis pekan lalu.”

Dia menilai bahwa masa depan Dunia Arab sangat bergantung pada kemampuannya mengepung terorisme dan para ekstrimis.
Dalam sidang hari Kamis itu Nabil Elaraby menyatakan bahwa negara-negara Liba Arab sepakat mengenai revisi terhadap kesepakatan mengenai strategi Arab dalam penumpasan teroris yang telah disahkan oleh para menteri luar negeri Arab pada tahun 1997. Kesepakatan ini diterapkan pada tahun 1997, namun kini sedang dikaji mekanisme yang lebih memadai untuk perang melawan terorisme. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*