Beirut, LiputanIslam.com –  Sekjen Hizbullah Lebanon Sayyid Hassan Nasrallah, mengatakan bahwa dengan menyerang Lanud T-4 di provinsi Homs, Suriah, Israel telah melibatkan dirinya dalam “konflik langsung” dengan Iran.

“Israel telah melakukan kesalahan historis dan kebodohan besar memasukkan dirinya dalam konflik langsung dengan Iran. Selama tujuh tahun terakhir belum pernah terjadi Israel secara terang-terangan menyasar Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) di Suriah,” ungkapnya dalam pidato berkenaan dengan pemilu di Beirut, Jumat (13/4/2018).

Mengenai isu pan-Arabisme di depan bangsa Persia (Iran) yang mengemuka belakangan ini dia menyoal, “Apakah ke-Araban terletak pada tindakan Saudi mengobarkan perang yang menghancurkan Yaman?”

Dia menegaskan bahwa jika pan-Arabisme berarti mengemban aspirasi bangsa-bangsa Arab dalam kebebasan dan kemerdekaan di depan kekuatan penjajah dan imperialis maka Hizbullah adalah pihak memperjuangkan pan-Arabisme.

Sementara itu, Wakil Sekjen Hizbullah Syeikh Naim Qassem dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Al-Joumhouria, Jumat, menilai kecil kemungkinan krisis Suriah akan berkembang menjadi konfrontasi langsung  antara AS dan Rusia, atau berubah menjadi “perang luas”. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*