السيد نصر الله يحمل العدو الاسرائيلي مسؤولية استشهاد سمير القنطارBeirut, LiputanIslam.com –   Sekretaris Jenderal gerakan Hizbullah, Lebanon, Hassan Nasrallah, Senin malam (21/12) memastikan bahwa Israel-lah yang membunuh petinggi Hizbullah Syahid Samir Quntar dan beberapa pejuang Suriah, dan karena itu Hizbullah berhak melakukan pembalasan.

“Ketika Israel melancarkan agresi di mana dan dalam bentuk apapun maka kubu muqawamah (perlawanan anti Israel) berhak melakukan pembalasan di mana dan dalam bentuk apapun. Saya katakan bahwa pesan saya ialah bahwa siapapun kader dan siapapun pemuda di antara para mujahidin menjadi korban pembunuhan maka kami limpahkan tanggungjawabnya kepada Israel, dan adalah hak kami untuk membalas di manapun, kapanpun dan dengan sarana apapun yang kami kehendaki. Samir Quntar adalah bagian dari kami, dan dia telah dibunuh Israel. Karena itu kami berhak membalas di manapun, kapanpun dan dengan cara apapun yang kami kehendaki. Kami di Hizbullah akan menggunakan hak ini, dengan pertolongan Allah. Semuanya harus bertindak sesuai prinsip ini,” tegas Nasrallah, sebagaimana dilansir Alalam.

Dia menjelaskan bahwa Samir Quntar dan beberapa pejuang muqawamah lainnya terbunuh dalam serangan jet tempur Israel terhadap sebuah apartemen di Suriah. samir kuntar 2

“Kami tak ragu bahwa Israellah yang melancarkan operasi pembunuhan melalui sebuah operasi militer, dan kami bukan sedang berhadapan dengan operasi keamanan yang misterius sehingga memerlukan penyelidikan serta kajian strategi,” lanjutnya.

Menurut Nasrallah, Samir Quntar sejak awal dibebaskan Israel pada tahun 2008, dan jauh hari sebelum ada isu mengenai perlawanan rakyat di wilayah pendudukan Golan, Suriah, memang sudah diincar oleh Israel.

“Ketika saya bertemu Samir Quntar, dia bertanya kepada saya, ‘Apa yang kita miliki dan apa yang dapat saya lakukan?’ Sayapun memberikan kepadanya beberapa pilihan, satu di antaranya aspek militer, dan dia berkata bahwa dia keluar dari Palestina adalah untuk kembali lagi ke sana. Dia mengaku siap melancarkan segala bentuk operasi militer, berjuang di dalam wilayah Palestina dan mencari kesyahidan. Dia berkata, ‘Adalah kehormatan bagi saya menjadi pejuang muqawamah,” papar Nasrallah.

Dia juga menegaskan bahwa Syahid Quntar sangat menyukai sepak terjangnya, selalu siap berkorban, dan senantiasa memikirkan penderitaan bangsa Palestina.

“Israel hendaknya tidak berfantasi bahwa dengan membunuh Samir Quntar dan para pemimpin semisal dia maka Israel dapat mencegah kami dari perjuangan dan dapat membuat umat dan generasi muda mengabaikan Palestina dan perlawanan terhadap musuh,” ungkap Nasrallah.

samir kuntar 1Nasrallah menepis pemberitaan sebagian media bahwa yang bertanggungjawab atas operasi pembunuhan Syahid Quntar adalah kelompok-kelompok bersenjata di Suriah.  Dia juga mengingatkan bahwa apa yang dilakukan oleh sebagian media itu tak lain dalam rangka melayani kepentingan Israel.

Sementara itu,  kantor berita Palestina, SAFA, mengutip laporan radio Israel bahwa rezim Zionis ilegal ini menyatakan bertanggungjawab atas serangan udara tersebut. Menurut SAFA, radio Israel menyebut Quntar sebagai bom waktu bagi Israel sehingga harus ditiadakan.

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Hizbullah dalam statemennya menegaskan bahwa Quntar gugur akibat serangan jet tempur Israel terhadap sebuah apartemen di kota Jaramana dekat Damaskus, ibu kota Suriah, pada Sabtu malam (19/12) pukul 22.15 waktu setempat. (Baca: Petinggi Hizbullah Lebanon Gugur, Israel Bersiaga Tunggu Balasan )

Menurut laporan IRNA, pada 28 Januari 1985 ketika ditawan oleh Israel, Samir Quntar dijatuhi vonis penjara seumur hidup sebanyak lima kali, ditambah vonis hukuman penjara 47 tahun, dengan dakwaan membunuh lima orang Zionis dan melukai satu orang Zionis lainnya.
Setelah bertahun-tahun ditawan dan mendekam dalam penjera, pada tahun 2008 dia dibebaskan sesuai kesepakatan pertukaran tawanan antara Hizbullah dan Israel.pemakaman samir kuntar

Jenazah Syahid Quntar disemayamkan di komplek Raudhah al-Haura Zainab di kawasan al-Gubhairi, selatan Beirut, ibu kota Lebanon, Senin sore.

Media Israel menyebutkan situasi di negara ilegal Zionis ini tegang karena Hizbullah pasti akan membalas serangan Israel tersebut, dan hanya menunggu instruksi dari Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah.  Karena itu, kabinet keamanan Israel menggelar sidang darurat dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL