hassan nasrallah lebanonBeirut, LiputanIslam.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) gerakan Hizbullah yang berbasis di Lebanon, Sayyid Hassan Nasrallah, menyatakan dirinya optimis bahwa faksi-faksi pejuang Palestina akan menang dalam melawan serangan Israel ke Gaza. Dia juga menegaskan kesiapan Hizbullah bekerjasama dengan para pejuang Palestina.

Mengutip keterangan Biro Informasi Hizbullah, Rai al-Youm melaporkan bahwa hal tersebut diungkap Nasrallah dalam percakapan telefon dengan Kepala Biro Politik Hamas, Khaled Meshal, dan Sekjen gerakan Jihad Islam Palestina, Ramadan Abdullah Shallah, Ahad (20/7) sore.

Nasrallah memuji kesolidan, inovasi dan kesabaran para pejuang Palestina di medan laga demi membela rakyat Gaza yang tertindas. Dia juga meyakini bahwa para pejuang Palestina akan tetap tegar dan perkasa untuk mencetak “kemenangan kedua” setelah “kemenangan pertama” yang diraih oleh para pejuang Hizbullah dalam perang melawan Israel di Lebanon selatan pada tahun 2006.

Nasrallah juga menegaskan dukungannya kepada syarat-syarat yang ditetapkan oleh para pejuang Palestina untuk meredakan pertempuran dengan Rezim Zionis Israel.

Seperti diketahui, Hamas dan faksi-faksi pejuang Palestina menyatakan siap menerapkan gencatan senjata dengan syarat Israel menghentikan agresinya terhadap Gaza, mengakhiri blokadenya terhadap Jalur Gaza, membuka semua pintu perbatasan, membebaskan nelayan Palestina menangkap ikan di laut hingga sejauh 12 mil, menerapkan kebebasan lalu lalang di semua wilayah perbatasan, dan membebaskan para tawanan Palestina yang telah dibebaskan namun belakangan ini ditangkap lagi oleh Israel di Tepi Barat.

Dalam percakapan telefon dengan Shallah, Nasrallah menegaskan kesiapannya menggalang kerjasama untuk membantu kesukseskan cita-cita para pejuang Palestina dan menggagalkan ambisi musuh.

Menurut Rai al-Youm, komunikasi ini menjadi pertanda akan memulihnya hubungan Hamas dengan “poros perlawanan” (Iran, Lebanon dan Suriah), dan bisa jadi akan mempercepat kunjungan Meshal yang tertunda ke Teheran, ibu kota Iran. Para pengamat menyatakan juga tidak tertutup kemungkinan Meshal berkunjung ke Lebanon dalam waktu dekat serta pemulihan hubungan Hamas dengan Damaskus di tengah kecamuk agresi Israel ke Jalur Gaza. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL