hizbullah di pegunungan lebanonBeirut, LiputanIslam.com –  Sekjen Hizbullah Hassan Nasrallah hari ini, Sabtu (16/5) akan mengumumkan kemenangan telak Hizbullah dan tentara Suriah dalam perang di kawasan Qalamoun, Suriah. Demikian dilansir surat kabar al-Safir terbitan Beirut, Jumat (15/5).

Al-Safir menyebutkan bahwa Nasrallah dalam dua pidato sebelumnya juga sudah berbicara mengenai perkembangan situasi signifikan di barisan pegunungan di wilayah perbatasan antara Lebanon dan Suriah.

Dalam pidato pertamanya mengenai Perang Qalamoun pada tanggal 5 Mei lalu dia menegaskan bahwa hitungan nol untuk perang ini dimulai sejak “mencairnya salju”, namun saat itu dia tidak banyak bicara mengenai prediksi dan estimasi yang ada. Dia memilih merahasiakan rincian operasi di lapangan, tujuan, tingkat pengerahan pasukan, peta operasi dan jangka waktu perang.

Menurut al-Safir, dalam pidato itu Nasrallah berusaha menyudahi perang urat saraf yang dikobarkan segi tiga Saudi, Turki dan Qatar yang didukung Amerika Serikat berupa klaim-klaim berkenaan dengan jatuhnya kota Idlib dan Jisr al-Shoghour ke tangan teroris.

Namun, lanjut al-Safir, dalam pidato hari Sabtu ini Nasrallah akan mengumumkan kemenangan Hizbullah dan tentara Suriah dalam Perang Qalamoun, berbicara lebih detail mengenai situasi lapangan dan menegaskan bahwa koalisi Hizbullah dan tentara Suriah masih sanggup untuk merealisasikan target-target yang dikehendaki.

Karena itu dia akan berbicara mengenai beberapa prestasi penting semisal tertanganinya bahaya Zionis di kawasan Quneitra di bagian selatan Lebanon serta bahaya teroris takfiri di pegunungan di bagian timur Lebanon. Dia juga akan menegaskan bahwa Perang Qalamoun akan terus dilanjutkan sampai kelompok-kelompok teroris terbasmi sepenuhnya.

Al-Safir menilai Hizbullah dan tentara Suriah sepenuhnya berhasil mencapai target-targetnya dalam waktu singkat walaupun kondisi medan pertempuran terhitung sangat sulit dan tak mudah diakses. Medan itu terbentang dari daerah-daerah perbatasan hingga jalur yang menghubungkan Damaskus dengan Homs di Suriah dan dari kawasan utara Homs hingga kawasan barat daya Damaskus serta jalur utama suplai logistik teroris tafiri di kawasan antara Lebanon dan Suriah.

Al-Safir juga melaporkan bahwa kerugian yang dialami Hizbullah ternyata kurang dari apa yang diperkirakan oleh Hizbullah sendiri dalam menjalankan operasi militernya. Hizbullah hanya kehilangan sekitar 10 pejuangnya, padahal banyak lokasi, posisi dan kubu pertahanan kelompok-kelompok teroris semisal Front al-Nusra dan Pasukan Kebebasan Suriah (FSA) berjatuhan ke tangan Hizbullah secara cepat dan “mengerikan”, dan spirit perang kelompok-kelompok takfiri itupun rontok.  Lokasi yang paling strategis di antaranya adalah Gunung Musa dengan ketinggian 2,850 meter dari permukaan laut dan Gunung Baruh dengan ketinggian 2,460 meter.

Al-Safir juga menyebutkan bahwa hal yang lebih krusial lagi terkait perang ini ialah dampaknya bagi Zionis Israel karena wilayah yang berhasil dibebaskan oleh tentara Suriah dan Hizbullah merupakan kawasan strategis untuk kemungkinan operasi pembebasan kawasan al-Jalil al-A’la di Palestina Pendudukan (Israel) pada masa mendatang. Peristiwa ini ibaratnya ialah bahwa bendera Hizbullah yang berkibar di puncak Gunung Musa terlihat jelas dari kota Tel Aviv.

Sementara itu, koran al-Akbar yang juga terbitan Beirut menyebutkan bahwa bagi al-Nusra dan pemberontak Suriah sekarang ini ada dua pilihan. Pertama ialah keluar dari kawasan al-Qalamoun untuk masuk ke kedalaman wilayah Suriah, dan itu mereka berarti harus  “minta izin” dari tentara Suriah dan Hizbullah. Kedua ialah kabur ke dataran tinggi di distrik Arsal, dan ini berarti bahwa mereka juga harus “mengantongi izin” dari kelompok teroris ISIS sebelum kemudian dari tentara Lebanon.

Menurut al-Akhbar, berbagai sumber menyebutkan bahwa pasukan Hizbullah tidak akan masuk ke distrik Arsal demi menghindari pertempuran yang rawan dipropagandakan sebagai konflik sektarian. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL