"أبو بكر البغدادي" بالرياض يثير الجدل على "تويتر" +صورRiyadh, LiputanIslam.com – Nama jalan di Riyadh, Arab Saudi, yang menggunakan nama “Abu Bakar al-Baghdadi” menimbulkan kehebohan di tengah pengguna media sosial Twitter Arab Saudi. Sebabnya tak lain karena nama itu dalam beberapa tahun ini dikenal di dunia sebagai nama gembong teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang juga menobatkan dirinya sebagai khalifah bagi seluruh umat Islam.

Awalnya, seorang warga Saudi pengguna Twitter dengan akun “Ahmadalhakami1” meminta otoritas Riyadh supaya mengganti nama jalan di kawasan permukiman al-Muruj itu dengan nama lain.

“Alangkah baiknya seandainya nama jalan ini diganti,” kicaunya.

Otoritas Riyadh dalam akun resminya, “Amanatalriyadh”, menanggapi tulisan itu dengan menyatakan bahwa permintaan itu sudah dicatat.

Sebagaimana diberitakan CNN, portal berita Sabq melaporkan bahwa otoritas Riyadh juga berkomentar bahwa nama jalan itu bukan dimaksudkan untuk nama pemimpin gerombolan teroris ISIS, melainkan sekedar kesamaan nama.

Dilaporkan bahwa nama jalan itu sebenarnya sudah lama mengundang kontroversi di Twitter, yaitu sejak lebih dari satu tahun silam, dan banyak orang yang meminta supaya jalan itu diganti namanya.

Lantas siapa tokoh yang namanya digunakan sebagai nama jalan itu? Sebagian pengguna Twitter menduga bahwa tokoh yang dimaksud adalah imam dan ulama hadis yang bernama Qadhi Abu Bakar bin Khalaf bin Hayyan bin Sadaqah al-Dhabbi al-Baghdadi dan memiliki julukan (laqab) “Waki’”. Tokoh itu adalah pengarang kitab Akhbar al-Qudhah yang wafat pada tahun 306 H.

Meski demikian, karena nama itu sekarang tenar sebagai nama gembong kelompok teroris terbesar di dunia maka banyak orang tetap meminta supaya nama jalan itu diganti. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL