hizbullah-isisBeirut, LiputanIslam.com – Dengan tibanya musim semi, maka sudah dekat saatnya milisi Hizbullah, Lebanon, untuk memenuhi janjinya mengobarkan “perang besar dan menentukan” terhadap gerombolan teroris takfiri ISIS dan Jabhah al-Nusra di dataran tinggi Qalamoun, Suriah. Terkait hal ini, pasukan keamanan Lebanon memutuskan untuk menerapkan program keamanan di pinggiran selatan Beirut, ibu kota negara ini, sejak Selasa (28/4).

Tentang ini, koran al-Akhbar dalam nomornya yang terbit di Beirut hari ini, Senin (27/4), menyebutkan, salju sudah mencair di dataran tinggi timur antara Lebanon dan Suriah, terutama di bagian utara, dan dataran tinggi Qalamoun. Karena itu, sekarang mulai merebak pembicaraan mengenai perang yang akan segera berkobar antara Hizbullah di satu pihak dan kelompok-kelompok teroris yang berada di wilayah ini di pihak lain.

Para teroris takfiri tersebar di daerah pegunungan di bagian timur perbatasan Lebanon, mulai dari kawasan Bekaa di utara hingga dataran tinggi Brital dan Nahlah di selatan. Hizbullah sudah menyiapkan operasi serangan terhadap para teroris itu sejak jauh hari sebelumnya, bahkan sebelum pemimpin pejuang Lebanon ini, Hassan Nasrallah, melontarkan pernyataan mengenai “musim semi mematikan”.

Selama beberapa bulan musim dingin situsi di kawasan Qalamoun relatif tenang karena cuaca tak mendukung pergerakan. Namun pada musim selanjutnya suasana diperkirakan akan bergolak karena Hizbullah akan bergerak untuk menumpas para teroris dan mencegah penyusupan mereka ke wilayah Lebanon.

Mengutip keterangan sumber-sumber di lapangan, Al-Akhbar menyebutkan adanya persiapan-persiapan logistik dan pasukan untuk mengobarkan perang di dataran tinggi Qalamoun sehingga mengingatkan orang kepada suasana serupa menjelang perang al-Qusayr.

Al-Akhbar menepis kabar yang tersiar bahwa ISIS sudah keluar dari kawasan Qalamoun ke arah Raqqah dan Badiyah, Suriah. Koran ini menilai kabar itu sebagai upaya pengelabuan belaka. Mereka dipastikan masih berada di dataran tinggi timur dekat Lebanon. Al-Akbar juga menepis dan memberikan penilaian serupa untuk pernyataan bahwa Jabhah al-Nusra tidak berniat menyerang Lebanon. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL