Riyadh, LiputanIslam.com –  Aktivis media sosial pengguna akun terkenal @mujtahidd  dari Arab Saudi mengabarkan bahwa lebih dari 60 perwira Saudi dari pangkat mayor hingga mayor jenderal telah mengajukan surat pengunduran diri.

Akun yang diikuti oleh 2.11 juta netizen ini menjelaskan bahwa puluhan perwira itu mengajukan surat pengunduran diri sebagian karena merasa berdosa atas apa yang terjadi di Yaman, dan ada pula lantaran kuatir nama mereka tercantum dalam daftar buronan internasional atas kejahatan perang setelah PBB membuat pernyataan mengenai perang Yaman.

Namun demikian, lanjut @mujtahidd, sebagian besar pengunduran diri itu ditolak, dan Putra Mahkota Saudi Mohamed bin Salman bahkan menganggap pengunduran diri itu sebagai kejahatan.

Belum lama ini Dewan HAM PBB membuat laporan perdananya mengenai perang Yaman. Dalam laporan ini terdapat tuduhan bahwa pasukan koalisi pimpinan Saudi melakukan pelanggaran undang-undang kemanusiaan internasional.

Para pakar Dewan HAM PBB menegaskan bahwa serangan udara pasukan koalisi itu telah menjatuhkan korban jiwa dalam jumlah besar dan berpotensi menyentuh level kejahatan perang. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*