yaman allamah sahal bin aqilTaiz, LiputanIslam.com –  Revolusi yang terjadi di Yaman terhadap pemerintahan presiden Abd Rabbuh Mansur Hadi yang kini berstatus pelarian di Riyadh, Arab Saudi, tidaklah identik dengan gerakan Ansarullah atau yang lebih dikenal dengan sebutan kelompok Syiah al-Houthi semata.

Mufti Ahlussunnah mazhab Syafi’i Yaman, Allamah Sahl bin Ibrahim bin Aqil Ba’alawi, dari kota Taiz menegaskan bahwa revolusi dan gerakan Ansarullah menjadi magnet bagi banyak rakyat Yaman adalah akibat praktik-praktik yang selama ini diterapkan oleh para koruptor yang kini berlindung di Arab Saudi.

“Yaman tidak akan pernah tunduk, walaupun di negara ini hanya tersisa satu orang,” tegasnya, dalam wawancara dengan TV al-Mayadeen yang berbasis di Beirut, Lebanon, Rabu (20/5).

Dia memastikan bahwa rakyat Yaman adalah orang-orang yang merindukan mati syahid, dan tidak akan pernah melupakan apa yang dilakukan rezim Saudi yang dia sebut sebagai ekor kaum Yahudi terhadap Yaman.

Mengenai sebab ketertarikan rakyat Yaman kepada revolusi rakyat dan komite-komite rakyat yang terafiliasi dengan gerakan Ansarullah, Allamah Bin Aqil mengatakan, “Ini terjadi karena praktik-praktik yang dilakukan oleh para koruptor yang sekarang berada di pangkuan kerajaan Arab Saudi dan oleh orang-orang yang mengeruk keuntungan dari semua tragedi demi menumpuk kekayaan untuk menghisap darah kaum dhuafa dan orang-orang miskin.”

Dia juga mengatakan bahwa para koruptor itu menghendaki supaya angkatan bersenjata dipimpin oleh orang-orang yang bersemangat kesukuan demi kepentingan pribadi mereka – sebagaimana pernah terjadi di Lebanon pasca perang Lebanon  di mana setiap kelompok dan partai memiliki bagian dari tentara – agar kemudian terjadi perang antarkelompok dan akhirnya Yaman mudah dihancurkan secara keseluruhan.

“Apa yang terjadi di Yaman sekarang adalah bagian dari konspirasi ini,” katanya.

Dia juga menegaskan bahwa pemecahan Yaman menjadi beberapa negara otonomi hanya akan mengarah kepada perang saudara. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL