Ahmad Badreddin Hassoun suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Mufti Ahlussunnah Suriah Syeikh Ahmad Badruddin Hassoun menyatakan negaranya menjadi sasaran serangan hebat tak lain karena Damaskus getol menyokong perjuangan bangsa Palestina melawan Israel.

“Musuh kuatir Suriah menjadi jalan untuk kembali ke al-Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem), dan karena itu musuh memustukan untuk menyerang Suriah… Palestina berperan kunci di mata kami, dan demi Palestina kami telah memeluk orang-orang yang ternyata dari belakang justru menikam kami,” tuturnya dalam wawancara dengan al-Mayadeen, Senin (4/4).

Dia juga mengungkapkan bahwa ada pihak-pihak tertentu yang bahkan mengusulkan gencatan senjata kepada Damaskus dengan syarat Suriah bersedia berdamai dengan Rezim Zionis Israel.

Menyinggung peranan Eropa dalam Perang Suriah, Syeikh Ahmad Hasssoun mengatakan, “Saya sudah mengingatkan Eropa soal dukungannya kepada ekstrimisme atas nama demokrasi. Saya katakan kepada mereka bahwa jika kalian membom Suriah dan Lebanon maka kobaran apinya juga akan menyambar rumah kalian sendiri.”

Dia kemudian menepis klaim bahwa apa yang terjadi di Suriah adalah perang bernuansa mazhab dan bahwa rekrutmen pegawai di negara ini dilakukan berdasarkan faktor mazhab.

“Rekrutmen pegawai di Suriah sama sekali bukan berdasarkan mazhab dan sektarianisme,” tegasnya.

Lebih lanjut Mufti Suriah menegaskan dukungannya kepada rekonsiliasi pemerintah Suriah dengan semua orang dan kelompok oposisi yang ada, terutama yang tangannya tidak berlumur darah rakyat.

Dia juga memastikan bahwa Suriah tidak akan pernah terpecah belah.

“Orang-orang yang tinggal di hotel dan mendapat instruksi dari negara-negara asing bukanlah orang-orang yang merdeka,” ungkapnya.
Dia mengatakan bahwa sebagian kelompok oposisi berharap untuk dapat pulang ke Suriah.

“Pintu Suriah terbuka lebar untuk mereka, dan Presiden Suriah Bashar al-Assad sama sekali tidak menutup pintu bagi pihak oposisi,” pungkasnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL