Riyadh, LiputanIslam.com –  200 tokoh yang terhubung dengan marga al-Sheikh di Arab Saudi merilis surat petisi berisikan bantahan atas keterhubungan silsilah Emir Qatar Syeikh Tamim bin Hamas al-Thani dengan pendiri marga al-Sheikh, Mohammad bin Abdul Wahhab. Demikian dilaporkan surat kabar Okaz milik Saudi, Minggu (28/5/2017), seperti dikutip Ray al-Youm.

Surat petisi itu ditandatangani oleh para tokoh terkemuka marga al-Sheikh, termasuk Syeikh Abdul Aziz al-Sheikh, Ketua Dewan Syura Abdullah al-Sheikh, dan Menteri Urusan Islam Sheikh Salih al-Sheikh. Mereka menuntut keluarga Emir Qatar agar mengubah nama masjid yang didirikan oleh emir ini dan yang menggunakan nama kakek mereka, Mohammad bin Abdul Wahhab, di Doha. Mereka menolak klaim Emir Qatar bahwa kakeknya adalah putera Abdul Wahhab.

Beberapa artis ternama Saudi, termasuk Rashed al-Majed dan Majid al-Muhandis, juga mendukung petisi terebut. Mereka membuat pernyataan-pernyataan di Twitter yang menyokong petisi keluarga besar al-Sheikh tersebut.

Petisi ini menimbulkan situasi pro dan kontra masyarakat Saudi pengguna Twitter. Satu pihak mendukung petisi itu dan mengganggapnya sebagai bentuk “ketegasan, ketekadan, dan penangkalan” terhadap orang-orang yang “lancang” terhadap Kerajaan Saudi. Sedangkan pihak lain menentang dan menyebutnya sebagai propaganda jahat terhadap “saudara sendiri sesama negara Arab Teluk.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL