pasukan-irak-di-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –   Letjen Abdul Wahab al-Saedi, salah satu komandan pasukan kontra terorisme Irak, Selasa (13/12/2016) mengatakan bahwa wilayah Mosul timur sudah hampir bebas sepenuhnya dari cengkraman kelompok teroris takfiri ISIS.

Dia menjelaskan bahwa pasukan kontra terorisme Irakyang sudah berhasil membebaskan 32 distrik di Mosul timur dewasa ini sedang dalam proses pembebasan tiga distrik lain, dan hanya tinggal enam distrik yang harus dibebaskan agar Mosul timur terbebas total dari pendudukan ISIS.

Dia menambahkan bahwa pasukan Irak itu sudah bergerak maju hingga lokasi yang berjarak 2 km dari jembatan pertama Sungai Tinggris yang membelah Mosul menjadi bagian timur dan barat.

Komandan senior pasukan kontra terorisme Irak lainnya, Brigjen Sami al-Aridi, mengatakan bahwa al-Falah,  satu lagi distrik penting di Aleppo timur, berhasil dibebaskan melalui pertempuran yang menewaskan sekira 50 anggota ISIS yang sebagian besar warga negara asing.

Dia mengatakan bahwa dalam proses pembebasan Aleppo timur, pasukan Irak sudah berhasil mematahkan tindakan ISIS menggunakan warga sipil sebagai tameng, karena itu komando operasi gabungan akan segera membuka beberapa front pertempuran baru melawan ISIS di Mosul.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Letjen Abdul Amir Yarallah yang juga komandan operasi pembebasan Mosul, namun dia menyebutkan bahwa pembebasan terbaru di Mosul timur adalah pembebasan dua distrik, yaitu al-Falah 1 dan al-Falah 2.

Dia memastikan dalam proses pembebasan ini ISIS menderita banyak kerugian jiwa dan materi.

Pasukan Irak memulai operasi militer besar-besaran untuk pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, setelah Perdana Menteri Irak Haider Abadi menginstruksikannya pada 17 Oktober. (mm/irna/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL