tank-irak-di-mosulBaghdad, LiputanIslam.com –   Komandan Pasukan Kontra-Terorisme Irak Mayjen Abdul Ghani al-Asadi, Sabtu (31/12/2016), menyatakan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh, Irak utara, akan segera bebas karena

“tak ada kendala besar bagi gerak maju pasukan Irak.”

Hal ini dia tegaskan dalam wawancara dengan lembaga pemberitaan Kurdi Rudaw sembari menepis kembali laporan berbagai media Barat dan Arab bahwa banyak pasukan Irak tewas dalam operasi pembebasan Mosul.

(Baca: Banyak Pasukan Irak Terbunuh di Mosul, Tentara AS Turun Tangan, Benarkah?)

“Pasukan Irak berhasil mengusir ISIS dari dua distrik al-Quds 1 dan al-Quds 2, satuan-satuan militer kami telah menyapu bersih kawasan ini dari keberadaan kawanan bersenjata,” katanya.

Dia menegaskan bahwa dengan “semangat juang yang sangat tinggi”, pasukannya kini sedang bergerak menuju kawasan al-Karamah.

“Sejauh ini lebih dari 2000 anggota ISIS tewas di poros timur, sedangkan jumlah korban tewas pasukan kami tidak seberapa. Tidak benar apa yang dilaporkan oleh media massa mengenai jumlah korban pasukan Irak,” tegasnya.

Dia juga menyebutkan lima jembatan di Mosul tak dapat dipakai sehingga kawanan teroris ISIS-pun menggunakan perahu untuk transportasi, dan ketika berperahu itu mereka segera digempur oleh pasukan udara Irak.

“Data-data informasi kami di awal babak pertama perang menyebutkan jumlah ISIS berkisar 5000-6000 orang, tapi sekarang jumlah mereka sudah berkurang separuh,” lanjutnya.

Di sebelah barat Mosul, pasukan relawan al-Hashd al-Shaabi menggelar operasi bersama pasukan federal Irak dan berhasil membebaskan desa Shakran serta menghabisi sejumlah teroris ISIS.

“Pasukan al-Hashd al-Shaabi telah mendirikan shalat jamaah di petilasan (maqam) Imam Ali Zainal Abidin ra yang telah diledakkan oleh teroris ISIS di Mosul,” ungkap relawan ini dalam statemennya, Sabtu.

Disebutkan pula bahwa al-Hashd al-Shaabi berhasil menghabisi 20 kombatan ISIS dan menghancurkan dua mobil mereka ketika mereka bermaksud menyusup ke kawasan pegunungan Makhul melalui pos pemeriksaan al-Asmadah.

Babak kedua operasi pembebasan Mosul diumumkan Kamis lalu, dan di tahap ini pasukan Irak berhasil membebaskan bebepada desa dan distrik lagi dari cengkraman ISIS.

Sementara itu, Perdana Menteri Irak di hari yang sama mengatakan perang Mosul sudah memasuki tahap determinan dan berjalan sesuai yang direncanakan. (mm/irna/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL