Baghdad, LiputanIslam.com –  Media Irak melaporkan bahwa pasukan Irak tak lama lagi berhasil membebaskan sepenuhnya kawasan yang terakhir diduduki ISIS di kota Mosul Barat, yaitu Mosul Kuno, Sabtu malam (7/7/2017). Karena itu, hari ini, Minggu (8/7/2017), kemungkinan besar pasukan Irak akan mengumumkan bebasnya kota ini dari cengkraman ISIS yang berlangsung sejak tahun 2014.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa pasukan Irak mengaku telah membunuh seorang petinggi terkemuka kelompok teroris ISIS tewas ketika dia berusaha kabur dari Mosul barat ke Mosul timur.

“Satuan pasukan kepolisian Nineveh berhasil membunuh salah satu pemimpin teroris ISIS yang berjulukan Abu Hafsah al-Saudi ketika dia berusaha kabur dari sisi kanan (Mosul barat) ke sisi kiri (Mosul timur) melalui Sungai Dajlah (Tigris),” ungkap statemen komando operasi Nineveh, Sabtu (8/7/2017).

Sumber militer Irak saat itu menyatakan pasukan kepolisian federal, pasukan anti-teror, dan tentara Irak mengepung para kombatan ISIS yang terjebak di lokasi sepanjang puluhan meter di Mosul Kuno.

Brigjen Yahya Rasul dalam pernyataan di TV al-Iraqia milik pemerintah Irak mengatakan, “Jarak kami hanya tinggal puluhan meter dari tepi Sungai Dajlah, dan kemajuan Irak sangat besar dengan dukungan pasukan udara…. Kami sudah dekat dengan kemenangan atas ISIS.”

Dia menambahkan, “Musuh sudah berantakan dan terdapat gelombang pelarian para anasir ISIS dari Mosul Kuno melalui Sungai Dajlah ke seberang di sisi kiri, namun pasukan Irak mencegat mereka hingga sebanyak 35 anggota ISIS terbunuh dan enam lainnya tertangkap.”

Masyarakat Irak belakangan ini sedang menantikan pemberitahuan resmi berakhirnya pertempuran di Mosul Barat melalui pernyataan resmi dari Perdana Menteri Irak Haider Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL