Syria-shell-mortarDamaskus, LiputanIslam.com – Sepasang peluru mortir menerjang sebuah lokasi dekat gedung parlemen Suriah di pusat kota Damaskus, menewaskan sedikitnya empat warga.

Kantor berita resmi Suriah, SANA, melaporkan dua peluru mortir itu meledak di kawasan Salihiya pada lokasi yang berjarak sekitar 100 meter dari gedung parlemen pada Senin pagi (21/4/2014).

Belum ada kelompok yang menyatakan bertanggungjawab atas serangan itu, namun belakangan ini  sisa-sisa militan di sekitar Damaskus diketahui gencar menebar serangan mortir. Peluru mortir sulit mengena sasaran sehingga sering membunuh warga sipil. Beberapa kawasan permukiman dan bahkan gedung-gedung sekolah belakangan sering diterjang serangan mortir para ekstrimis.

Tentara Suriah sendiri terus  menyisir keberadaan para militan. TV al-Alam Senin (21/4/2014) melaporkan, operasi tentara Suriah di wilayah timur al-Ghouta dekat Damaskus berhasil menumpas puluhan militan, satu di antaranya adalah pemimpin Brigade Suyuf al-Islam, Ala al-Dib’an, serta menghancurkan gudang-gudang senjata dan logistik gerilyawan.

Presiden Suriah Bashar al-Assad menegaskan pasukan militer Suriah akan terus berjuang menumpas para teroris di negaranya. Dalam kunjuungan ke kota Ma’loula Minggu (20/4/2014), Assad mengatakan bahwa keberhasilan yang telah dicapai pasukan Suriah di berbagai kawasan terjadi adalah berkat dukungan rakyat kepada tentara. Dalam kunjungan itu dia meninjau tempat-tempat keagamaan Kristen serta melihat dari dekat berbagai kerusakan akibat vandalisme militan bersenjata.

Di bagian lain, konvoi bantuan kemanusiaan internasional telah tiba di kota Aleppo setelah tentara Suriah menjamin keamanan rute yang dilewati konvoi. Dalam proses itu tentara Suriah sempat menghabisi beberapa kawanan bersenjata yang mencoba menghadang konvoi.

SANA melaporkan bahwa konvoi itu terdiri dari 200 unit truk serta beberapa unit bus yang membawa bahan pangan, sayuran, buah-buahan dan berbagai jenis bantuan kemanusiaan lainnya.  SANA juga menyebutkan bahwa penduduk  Aleppo mulai bangkit dan beraktivitas. (mm/alalam/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL