mesir morsi di penjaraKairo, LiputanIslam.com – Presiden Mesir terguling Mohamed Morsi menyerukan kepada rakyat Mesir supaya melanjutkan aksi protes meskipun pemerintahan baru akan segera terbentuk di negara ini pasca pemilu.

Dalam surat yang dia rilis dari dalam penjara Rabu kemarin (4/6/2014) dia meminta rakyat Mesir supaya melanjutkan “revolusi damai” melawan pemerintah Mesir yang didukung militer. Dia menegaskan bahwa revolusi akan segera menang.

“Anda didukung oleh mayoritas rakyat yang mengharapkan Anda dapat mengatur tahap revolusi bagi mereka… Revolusi bergantung pada Anda, dan saya percaya Anda akan mengangkat spanduknya dan membawanya kepada kemuliaan,” tulis Morsi ditujukan kepada rakyat Mesir.

Morsi mengaku dirinya telah berbuat kesalahan dalam beberapa hal, namun dia tetap menegaskan komitmennya untuk “berjuang melawan korupsi dan kejahatan” di Mesir.

“Saya bisa benar dan bisa pula salah. Tapi saya tidak pernah dan tidak akan pernah mengkhianati Anda. Saya telah menghabiskan banyak usia untuk memerangi korupsi dan kejahatan, dan saya tetap melanjutkan perjuangan ini selagi nyawa masih di kandung badan,” lanjut Morsi.

Surat Morsi dirilis sehari setelah mantan panglima angkatan bersenjata Mesir, Abdel Fattah al-Sisi, secara resmi dinyatakan sebagai presiden terpilih setelah Komisi Pemilihan Umum Mesir mengumumkan bahwa al-Sisi telah merebut suara sebanyak 96.91 persen dalam pemilu.

Sejak Morsi dikudeta oleh tentara Mesir di bawah komando al-Sisi pada tanggal 3 Juli 2013, Negeri Piramida ini sering dilanda unjuk rasa protes massa pendukung Morsi yang kemudian berubah menjadi bentrokan berdarah antara mereka dan aparat keamanan. Sejauh ini kerusuhan dan aksi kekerasan telah menjatuhkan korban tewas sebanyak 1,400 orang. Selain itu ratusan pendukung Morsi juga divonis hukuman mati.

Naiknya al-Sisi ke kursi kepresidenan membuat Mesir kembali jatuh ke tangan petinggi militer tiga tahun pasca revolusi Mesir yang menggulingkan diktator Hosni Mubarak, mantan petinggi angkatan udara yang berkuasa di Mesir selama hampir tiga dekade. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL