Louveciennes, LiputanIslam.com –  Putera Mahkota Arab Saudi, Mohammad bin Salman (MbS), sosok yang belakangan kerap dikabarkan gencar memerangi korupsi di negaranya, ternyata justru diketahui sebagai orang yang telah membeli Istana Louis XIV di dekat Istana Versailles di Perancis.

Hal ini diungkap oleh surat kabar New York Times (NYT), Sabtu (16/12/2017), sembari menyebutkan bahwa majalah Fortune mencatat Istana Louis XIV sebagai properti termahal di dunia saat terjual seharga 300 juta USD atau lebih dari 6 triliun rupiah pada dua tahun lalu.

Saat terjual tidak jelas siapa pembeli istana di dalam taman nan luas tersebut, namun belakangan dilakukan liputan investigatif yang hasilnya  mengarah kepada MbS, pewaris tahta Saudi dan sosok yang kerap dikabarkan sebagai aktor di balik serangkaian kebijakan berani yang mengubah Arab Saudi dan mengguncang Timur Tengah.

Menurut NYT, pembelian pada tahun 2015 itu merupakan salah satu dari beberapa akuisisi boros  yang mencakup pembelian kapal pesiar senilai  500 juta USD atau  lebih dari 6.7 triliun rupiah, dan pembelian lukisan Leonardo da Vinci senilai $ 450 juta atau sekira 6 triliun rupiah, oleh seorang pangeran yang justru mengaku memerangi korupsi para elit Saudi.

Bulan lalu, lukisan Yesus bernama “Salvator Mundi”  karya Leonardo da Vinci terjual kepada pembeli anonim dengan harga sekira sekira 6 triliun rupiah, harga tertinggi untuk karya seni manapun yang pernah terjual melalui lelang.

Majalah Times menemukan bahwa pembelinya ternyata adalah pangeran Saudi yang memiliki hubungan dekat dengan MbS. Pejabat intelijen Amerika yang mengetahui detail penjualan tersebut mengatakan bahwa pangeran anonim Saudi itu bertindak atas nama MbS.

Pemerintah Saudi kemudian membantah laporan tersebut dengan mengatakan bahwa pembeli Saudi bertindak sebagai agen untuk Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, di mana lukisan tersebut akan dipajang di cabang baru Musium Louvre, atau bahwa pangeran mahkota telah membeli lukisan tersebut untuk memberikannya ke Abu Dhabi. Namun sumber  yang mengetahui persis detail penjualan itu bersikeras bahwa MbS adalah pembeli sebenarnya pada saat penjualan. (mm/nyt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*