turki igdirDiyarbakir, LiputanIslam.com – Sedikitnya 15 polisi Turki tewas akibat ledakan bom yang menerjang sebuah bus polisi Turki di proivinsi Igdir di bagian timur negara ini. Demikian dilaporkan Reuters, Selasa (8/9), sementara beberapa media lain juga melaporkan kejadian yang sama namun dengan jumlah korban yang variatif.

AFP mengutip laporan stasiun NTV Turki bahwa pejabat Turki mengakui adanya korban tewas dan luka akibat ledakan bom yang memang ditujukan terhadap minibus yang membawa polisi tersebut. Dia menuding Partai Pekerja Kurdi (PKK) berada di balik serangan ini.

Beberapa hari sebelumnya militer Turki menyatakan 16 anggotanya terbunuh diserang milisi PKK di bagian tenggara Turki yang mayoritas penduduknya bersuku Kurdi.

Serangan itu lantas menjadi serangan PKK yang paling mematikan selama pasukan Turki kembali terlibat konfrontasi lagi dengan milisi PKK sejak akhir Juli lalu.

Laporan lain dari situs berita al-Watan menyebutkan sebanyak dua balatalyon pasukan khusus Turki telah masuk ke wilayah utara Irak menyusul peristiwa serangan milisi PKK yang menewaskan 16 tentara Turki. Mereka masuk untuk memburu pelaku serangan tersebut dengan melancarkan operasi darat bersamaan dengan berlangsungnya serangan udara Turki terhadap beberapa pangkalan PKK di utara Irak.

Konfrontasi militer Turki dengan milisi PKK pimpinan Abdullah Ocalan yang berada dalam penjara Turki menandainya bubarnya perundingan damai pemerintah Turki dengan PKK yang sebenarnya sudahberjalan sejak tahun 2012.

Dewasa ini, masyarakat Turki terbelah menjadi dua kubu akibat berakhirnya perundingan tersebut serta akibat semakin kerasnya pergesekan pemerintah Turki dengan pihak oposisi dalam dua bulan terakhir.

Konfrontasi yang terjadi dalam dua bulan itu sejauh ini telah menewaskan lebih dari 90 tentara dan polisi Turki serta membunuh lebih dari 950 militan PKK. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL