roket ansarullah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Sebanyak 20 tentara agresor Saudi terbunuh dan beberapa lainnya terluka akibat gempuran pasukan Yaman yang terdiri atas tentara Yaman dan komite rakyat yang berafiliasi dengan Ansarallah (Houthi) terhadap markas komando militer Saudi di Wadi al-Qadhi di kawasan al-Mudhaffar, Taiz. Demikian dilaporkan kantor berita resmi Yaman, Saba, berdasarkan keterangan seorang petinggi militer Yaman di provinsi Taiz, Rabu kemarin (11/11).

Disebutkan pula bahwa dalam serangan itu pasukan Yaman juga berhasil merebut banyak amunisi dan senjata dari tangan pasukan Saudi.

Sumber militer anonim itu menambahkan bahwa selain puluhan tentara Saudi, beberapa anggota teroris al-Qaeda juga menemui ajalnya di provinsi yang sama akibat serangan pasukan Yaman.

“Tentara dan komite rakyat Yaman berhasil membersihkan kawasan Tabah al-Jaashar di al-Mahruz dan Sabr al-Mawadim dari noda teroris al-Qaeda maupun ISIS. Beberapa di antara mereka tewas dan beberapa amunisi dan mobil mereka dirampas,” tuturnya.

Sementara itu, Qatar menyatakan satu tentaranya tewas dalam menjalankan misinya sebagai anggota pasukan koalisi pimpinan Saudi di yaman.

Associated Press menyebutkan bahwa baru sekarang Qatar secara resmi mengakui adanya korban jiwa dari pihak pasukan negara ini dalam serangan ke Yaman.

Kabar kematian tentara Qatar itu dinyatakan oleh Menteri Luar Negeri Qatar Khalid bin Mohammad al-Atiyyah di halaman Twitternya, Rabu kemarin. Namun dia tidak menyebutkan kapan dan bagaimana tentara Qatar itu terbunuh.

Seperti diketahui, Yaman menjadi sasaran serangan pasukan koalisi pimpinan Saudi sejak Maret lalu. Target Saudi dan sekutunya dalam serangan ini terutama ialah memulihkan pemerintahan presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi dan mengusir Ansarallah dari Sanaa, ibu kota Yaman, namun hingga kini tak ada satupun target mereka terpenuhi.

Ribuan orang, terutama penduduk sipil, terbunuh dan puluhan ribu lainnya luka-luka akibat agresi Saudi dan sekutunya tersebut. Selain itu, 80 persen sarana infrastruktur Yaman juga hancur. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL