perbatasan turki-suriahAnkara, LiputanIslam.com –   Pasukan militer Turki, Rabu (28/12/2016), mengumumkan sebanyak 44 anggota teroris ISIS tewas dan 117 lainnya luka-luka di kawasan sekitar kota al-Bab, Suriah utara. Bersamaan dengan ini dilaporkan bahwa Turki dan Rusia sepakat untuk menerapkan prakarsa gencatan senjata sejak pertengahan Rabu malam ini.

Dalam laporan singkat hariannya militer Turki menjelaskan bahwa lusinan teroris takfiri itu tewas Selasa kemarin diterjang operasi pasukan dukungan Turki terhadap 154 sasaran milik ISIS. Dalam peristiwa ini satu bom mobil yang disiapkan ISIS juga hancur, dan tujuh anggota oposisi Suriah yang terlibat dalam operasi ini menderita luka-luka. (Baca: Marah Besar, Erdogan Sebut Pasukan Koalisi Anti ISIS Justru Dukung ISIS)

Sementara itu, Turki dan Rusia sepakat menerapkan prakarsa gencatan senjata SAA dan kawanan bersenjata pemberontak di semua wilayah Suriah sejak pertengahan Rabu malam ini.

Prakarsa ini mencakup perluasan zona gencatan senjata mulai dari Aleppo hingga ke seluruh pelosok Suriah, namun tidak berlaku untuk perang melawan kelompok-kelompok teroris seperti ISIS dan Jabhat al-Nusra.

Dilaporkan bahwa jika prakarsa ini berjalan lancar maka akan menjadi landasan untuk negosiasi politik antara pemerintah dan oposisi Suriah yang akan diselenggarakan di Astana, Kazakhstan, bulan depan. (mm/raialyoum/anadolu)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL