pasukan suriahDamaskus, LiputanIslam.com – Pasukan pemerintah Suriah terus menggelar operasi serangan terhadap kelompok-kelompok militan di berbagai wilayah negara ini. Puluhan ekstrimis bersenjata anggota kelompok Front al-Nusra yang merupakan cabang al-Qaeda tewas terjang ranjau tentara pemerintah Suriah di dataran tinggi Falitah di kawasan Qalamoun, Rif Damaskus. Bersamaan dengan ini 37 anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) juga tewas di provinsi Deir al-Zor diserang pasukan Suriah.

Situs berita Al-Manar Selasa (16/9) dini hari melaporkan serangan dan pertempuran yang terjadi di banyak tempat. Antara lain disebutkan bahwa puluhan anggota Front al-Nusra tewas setelah terjebak di lokasi penuh ranjau yang pasang oleh tentara Suriah. Kawanan bersenjata itu terjebak ketika mereka sedang bergerak menuju pangkalan pasukan Suriah di dataran tinggi Falitah.

Disebutkan pula bahwa pasukan Suriah juga terlibat kontak senjata dengan kelompok al-Nusra di beberapa lokasi di dataran tinggi Qalamoun.

Di front selatan, tentara Suriah mengalami kemajuan di dua distrik Kfar Zita dan Lataminah di Rif Hamah Utara setelah terlibat kontak senjata dengan kelompok-kelompok bersenjata. Di situ tentara Suriah berhasil membebaskan kawasan al-Madajin dari arah selatan distrik Lataminah dan berhasil menimpakan beberapa korban tewas dan luka di pihak militan.

Di kawasan lain, sebanyak 37 nyawa anggota ISIS juga dilaporkan melayang sementara beberapa lainnya luka-luka dalam kontak senjata dengan pasukan Suriah di kawasan al-Jabilah, al-Arafi dan bandara lama Deir al-Zor yang juga menyebabkan hancurnya beberapa bangunan yang menjadi tempat pertahanan para anggota ISIS.

Menurut al-Manar, beberapa laporan koordinasi kelompok bersenjata menyebutkan bahwa setelah menarik diri dari kota Albu Kamal di Deir al-Zor, ISIS juga menarik banyak komandannya bersama sejumlah besar anak buah masing-masing dari kawasan al-Mayadeen di provinsi yang sama ke kawasan perbatasan antara Suriah dan Irak.

Di kawasan al-Dukhaniah, Rif Damaskus, kontak senjata terjadi lagi antara pasukan Suriah dan beberapa kelompok bersenjata, sementara pasukan udara Suriah menggempur kawanan bersenjata di distrik Ain Tarma dan beberapa posisi kelompok Front Islam di kota Duma di Gouta Timur, Rif Damaskus, hingga menimpakan banyak kerugian di pihak militan.

Di dataran tinggi Asal al-Ward, Qalamoun, Rif Damaskus, juga berkobar pertempuran antara pasukan Suriah dan militan mengakibatkan beberapa korban manusia dan materi di barisan militan. Di kawasan al-Mutahalliq di kota Jirod, Qalamoun, beberapa militan, satu di antaranya gembong mereka yang bernama Mohammad al-Abdullah Abu Umar, tewas dihantam serangan jet tempur Suriah.

Serangan udara pasukan Suriah juga menerjang lokasi-lokasi penyebaran militan di desa Babila dan kota Banash serta pinggiran utara kota Khan Sheikhun di bagian utara Rif Idlib, demikian pula di distrik al-Hubait, bagian selatan Rif Idlib, hingga menjatuhkan beberapa militan tewas dan luka.

Di provinsi Daraa juga terjadi pertempuran antara pasukan Suriah dan militan, tepatnya di kota Basari al-Sham, bersamaan dengan serangan pasukan Suriah ke posisi-posisi militer di kota Daraa, distrik Yadudah, dan distrik Ghariah Barat, menimpakan kerugian jiwa dan materi di pihak militan. Tak hanya itu, pesawat tempur Suriah juga membombardir posisi-posisi militan di sebuah kawasan di antara distrik Aqraba dan Kfar Nasij serta di kota Inkhil dan Simlin di Rif Daraa, yang juga menjatuhkan beberapa korban tewas dan cidera di pihak militan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL