AlQuds, LiputanIslam.com – Kepala Staf Umum Pasukan Pertahanan Israel (SDF) Gadi Eizenkot dalam wawancara pertama kali dengan media Arab Saudi yang dipublikasi Kamis (16/11/2017) menyatakan kesiapan negara Zionis itu bertukar informasi intelijen dengan Saudi untuk menghadapi Iran.

“Kami siap bertukar berita dengan negara-negara Arab moderat dan bertukar informasi intelijen untuk menghadapi Iran,” kata Eizenkot  dalam wawancara dengan laman berita Elaph yang didirikan oleh Saudi namun bermarkas di London, ibu kota Inggris.

Ditanya apakah sudah dilakukan kerjasama informasi dengan Saudi belakangan ini, dia menjawab, “Kami siap untuk berpartisipasi informasi jika memang diperlukan, ada banyak kepentingan kolektif di antara kita.”

Seorang petinggi SDF mengkonfirmasi konten wawancara itu kepada AFP dan menyebut wawancara ini adalah yang pertama kalinya dilakukan antara Eizenkot dan media Arab sejak dia menjabat Kepala Staf Umum SDF.

Pernyataan tersebut mengemuka di tengah eskalasi ketegangan antara Saudi dan Iran dalam berbagai persoalan di Timteng, dan Iran mengecam kedekatan Saudi dengan rezim Zionis penjajah Palestina tersebut.

Di sisi lain, Eizenkot menepis adanya rencana Israel menyerang Hizbullah.

“Kami tak berniat bergegas menyerang Hizbyllah di Lebanon dan mencapai perang, tapi kami tidak menerima adanya ancaman strategis terhadap Israel,” katanya.

Dia menambahkan, “Kami senang sekali atas ketenangan di dua sisi perbatasan, hal yang sudah berlangsung 11 tahun, dan kami melihat ada upaya-upaya Iran yang bisa jadi menyebabkan eskalasi, tapi kami memandang jauh kemungkinan (perang) itu pada tahap ini.”

Israel sudah berulang kali menyatakan adanya persamaan kepentingan antara Tel Aviv dan Riyadh. (mm/rayalyoum/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL